Literasi Keuangan, Persepsi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Berasuransi

Authors

  • Devi Ria Wibowo STIE Perbanas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v17i2.3986

Abstract

Asuransi timbul karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas, namun alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Salah satunya perlindungan terhadap rasa aman. Kebutuhan terhadap perlindungan asuransi bersumber dari keinginan untuk mengatasi ketidakpastian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada literasi keuangan dan persepsi terhadap loyalitas berasuransi serta di mediasi kepercayaan. Teknik analisis data menggunakan SEM pada WarpPLS, terdapat 188 responden di Indonesia yang menjadi responden dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, literasi keuangan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas berasuransi. Persepsi dan Kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas berasuransi. Kepercayaan memediasi pengaruh literasi keuangan dan persepsi terhadap loyalitas berasuransi.

 

Kata kunci                 : Literasi Keuangan; Persepsi; Kepercayaan; Asuransi

Author Biography

Devi Ria Wibowo, STIE Perbanas Surabaya

Departemen : Business and Banking

References

Adiandari, A. M., Winata, H., & Yuliani, Y. (2017). Literasi Keuangan dan Kepemilikan Asuransi Jiwa: Observasi di Institusi Keuangan Sumatera Barat. Hal 289-301

Ari. (2014). Peran Persepsi Individu Terhadap Asuransi dan Model Kepercayaan Kesehatan dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Asuransi Jiwa. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 381-388.

Chaudhary. (2016). Customer Perception Regarding Life Insurance Policies: A Factor Analitical Approach. Pacific Business Review International.Vol. 9 No. 6 Hal 52-61

Chen, Yan, Fan, & Gordon. (2015). The join moderating rele of trust propensity and gender on customers’ online shopping behavior. Computers in Human Behavior. Vol.43. Hal. 272-283

Chen dan Chang (2012). Enhance Green Purchas Intentions, The Roles Of Green Perceived Value, Green Perceived Risk, and Green Trust. Journal of Management Decision, 50 (3), Hal 502-520

Ghozali. (2012). Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi. SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jayantari, I. A. A. U., & Seminari, N. K. (2018). Peran Kepercayaan Memediasi Persepsi Risiko terhadap Niat Menggunakan Mandiri Mobile Banking di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 7 (5), 2621-2651.

Kotler. & Keller. (2012). Marketing Manajement. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kaltum & Helmi . (2018). Image of Indonesian Life Insurance Companies by Their Client's Trust. Academy of Strategic Management Journal, 17(2), 1-9.

Kuncoro,Mudrajat. 2013. Metode Riset Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga

Lestari, W. (2018). Keputusan Berasuransi, Studi Demografi Dan Persepsional. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1), 44-55.

Mahdzan & Victorian. 2013, The Determinants of Life Insurance Deman: A Focus on Saving Motives and Financial Literacy. Journal of Asian Social Science. Vol. 9. No.5 Hal 274

Maharani, Zukhri, & Suwena. (2015). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat di kota singaraja memiliki program asuransi unitlink. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol.5. No.1.

Robbins. (2016). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Robbins, Judge. (2013) . Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Siagian & Cahyo. (2014). Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra. Vol.8. No.2. Hal 55-61

Tonder. 2016. Trust and Commitment as Mediators of The Reliationship Between Quality Advice and Customer Loyalty. The Journal of Applied Business Research. Vol. 32. No. 1 . Hal 290 - 302

Website resmi AAJI (https://www.aaji.or.id/ diakses pada 28 Agustus 2018)

Website resmi AAJI (https://www.aaji.or.id/ diakses pada 06 November 2018)

Website resmi BPS (https://www.bps.go.id/ diakses pada 25 September 2015)

Yushita (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen. Vol. 6. No.1

Published

2020-07-29

Issue

Section

Artikel