Capital Structure Memediasi Antara Growth Opportunity Dan Leverage Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.9568Kata Kunci:
Growth Opportunity, Leverage, Firm Value, Capital StructureAbstrak
ABSTRACTÂ
Â
The purpose of this study is to examine the effect of growth opportunity and leverage on firm value with capital structure as an intervening variable. The population in this study are manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. The sampling technique used purposive sampling with 20 sample companies. Data were analyzed using WARP PLS 6.0. The results of this study are that growth opportunity has a significant effect on firm value, and leverage has an impact. Still, it is not substantial on strong value, capital structure has an effect but is not marked on firm value, growth opportunity has an effect but is not significant. On the capital structure, leverage has a significant impact on capital structure; growth opportunity has an important but not significant impact on firm value with capital structure as an intervening variable, leverage has no significant effect on firm value with capital structure as an intervening variable.
Keywords                   : Growth Opportunity; Leverage; Firm Value; Capital Structure
Correspondence to       : nahdanabilah@ymail.com
Â
ABSTRAK
Tujuan studi ini guna menguji pengaruh growth opportunity dan leverage terhadap firm value dengan capital structure sebagai variabel intervening. Populasi dalam studi ini yaitu perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 20 perusahaan sampel. Data dianalisis menggunakan WARP PLS 6.0. Hasil penelitian ini adalah Growth opportunity berpengaruh signifikan pada firm value, Leverage berpengaruh namun tidak signifikan pada firm value, Capital structure berpengaruh namun tidak signifikan pada firm value, Growth opportunity berpengaruh namun tidak signifikan pada capital structure, Leverage berpengaruh signifikan pada capital structure, Growth opportunity berpengaruh namun tidak signifikan pada firm value dengan capital structure sebagai variabel intervening, Leverage berpengaruh namun tidak signfikan pada firm value dengan capital structure sebagai variabel intervening.
Kata Kunci                 : Growth Opportunity; Leverage; Firm Value; Capital Structure
Referensi
Ananda, A. N., & Nugraha, I. N. (2016). Pengaruh Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Struktur Modal (pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate & Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014). Distribusi - Journal of Management and Business, 4(1), 14–26. https://doi.org/10.29303/jdm.v4i2.11
Antoro, A. D., & Hermuningsih, S. (2018). Kebijakan DIviden dan BI Rate sebagai Pemoderasi Likuiditas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2017. Upajiwa Dewantara, 2(1), 58–72.
Apriyanti, N., & Bachtiar, Y. (2018). Pengaruh Corporate Governance, Growth Opportunity, dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 19(2), 61–72.
Asmanto, M. R., & Andayani. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Growth Opportunity, dan Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(3), 20.
Azizah, F. N., Fatihudin, D., & Oktaviani, M. (2021). GCG Dan CSR Dalam Mempengaruhi Earning Management (Bukti Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2014-2019). Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 1-7.
Danarwati, M., Raharjo, K., & Abrar. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas terhadap Struktur Modal. Journal of Accounting, 5(5), 1–15.
Diana, P. F., Halim, A., & Mustikowati, R. I. (2020). Analisis Roa Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Dewan Komisaris Independen Sebagai Variabel Pemoderasian. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.21067/jrma.v7i2.4259
Fajaria, A. Z., & Isnalita. (2018). The Effect of Profitability , Liquidity , Leverage and Firm Growth of Firm Value with its Dividend Policy as a Moderating Variable. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 6(10), 55–69.
Ibrahim, M. (2017). Capital Structure and Firm Value in Nigerian Listed Manufacturing Companies: an Empirical Investigation Using Tobin’s Q Model. International Journal of Innovative Research in Social Sciences & Strategic Management Techniques, 4(2), 112–125. http://www.internationalpolicybrief.org/images/2017/SEPT-JOURNALS/IRSSSMT/ARTICLE9.pdf
Irawan, D., & Kusuma, N. (2019). Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 17(1), 66–81.
Kurniasari, M. P., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas Rasio Aktivitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Il, 6(8), 1–16.
Kusna, I., & Setijani, E. (2018). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Growth Opportunity dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal dan Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 6(1), 93–102.
Kusuma, W. D., & Christiyanti, H. V. (2018). Pengaruh Struktur Aset dan Struktur Modal terhadap Cash Flow Shock. Akuntansi Dewantara, 2(1), 124–134.
Mahardhika, B., Mulyana, P., & Rosmaniar, A. (2019). Cost Benefits Analysis And Feasibility For Office Relocation In The Public Service Agency. In Proceedings of the 1st International Conference on Business, Law And Pedagogy, ICBLP 2019. European Alliance for Innovation (EAI).
Mauliddah, N., & Fajriah, A. I. (2021). Return On Equity (ROE) dalam Memediasi antara Kepemilikan Manajerial dengan Modal Kerja (Working Capital). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 188-204.
Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Variabel Ukuran Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41–56.
Mulyani, S., Amboningtyas, D., & Fathoni, A. (2017). The Influence of Liquidity, Profitability, Leverage on Firm Value with Capital Structure as Intervening Variable. Journal of Management, 3(3), 1–11.
Nathanael, R. F., & Panggabean, R. R. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Leverage dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 17(2).
Nurminda, A., Isynuwardhana, D., & Nurbaiti, A. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). E-Proceeding of Management, 4(1), 542–549.
Nurwahyuni, Mas’ud, M., Alam, S., & Djamareng, A. (2020). Pengaruh Profitability, Growth Opportunities Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Journal of Management Science (JMS), 1(1), 14–35. https://doi.org/10.52103/jms.v1i1.49
Oktavia, R., & Fitria, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(6), 17.
Oktaviani, M., Rosmaniar, A., & Hadi, S. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Size) dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. BALANCE: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, XVI(1), 102–111.
Oktaviarni, F., Murni, Y., & Suprayitno, B. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Kebijakan Dividen, dan Ukuran terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–16.
Oktrima, B. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Sekuritas, 1(1), 98–107.
Prasetyo, F. E., Swandari, D. F., & Dewi, D. D. M. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Pajak dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan melalui Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(1), 51–61.
Purnomo, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekobis Dewantara, 1(12), 78–97.
Putra, I. Wi., Mangantar, M., & Untu, V. N. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018 (Studi Kasus Sub Sektor Food and Beverage). Jurnal EMBA, 9(2), 95.
Salim, M. S., Askandar, N. S., & Malikah, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) 2014-2018. E-Jra, 09(01), 2014–2018.
Sari, N. M. W., Sukadana, I. W., & Widnyana, I. W. (2021). Pengaruh Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMAS, 2(1), 201–217.
Setiyowati, S. W., Naser, J. A., & Astuti, R. (2020). Leverage dan growth opportunity mempengaruhi nilai perusahaan melalui profitabilitas. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jem.v16i1.4513
Sitanggang, J. P. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi 2. Mitra Wacana Media.
Utami, I. (2017). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Terhadap Sub Sektor Perdagangan Eceran Yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2015) Indri. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
Wijaya, E., & Jessica, J. (2018). Analisa Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Growth Opportunity, Tangibility, Bussiness Risk Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Perusahaan Pada Sektor Property & Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 201. Procuratio (Jurnal Ilmiah Manajemen), 5(4), 440–451.
Yanti, C. Y., Hasiholan, L. B., & Santoso, E. B. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dengan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaam dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(4), 1–17.
Yuwanita, Y. F., Ilona, D., & Yona Sari, S. (2020). The Influence Of Company Size, Profitability And Growth Opportunities On Capital Structure. Jurnal Akuntansi Kajian Ilmiah Akuntansi (JAK), 7(2), 162–172. https://doi.org/10.30656/jak.v7i2.2095
Zakaria, A., & Djawoto. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 9(4).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.