ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KELAS VIP (Studi Kasus Pasien di Kota Jember)
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v8i01.679Abstrak
Rumah sakit sebagai institusi jasa yang besar, dituntut untuk mampu memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat dengan baik, hal ini dikarenakan banyak persaingan dan jika tidak memperhatikan tuntutan tersebut maka akan sulit mempertahankan kelangsungan hidupnya. Tuntutan ini tidak hanya berlaku bagi bagi rumah sakit swasta dengan modal yang sangat besar, tetapi juga rumah sakit pemerintah dan swasta yang berorientasi sosialpun tidak lepas dari tuntutan global. Oleh karena itu beberapa terobosan dalam pelayanan kesehatan merupakan suatu keharusan terutama untuk menjembatani jenjang perbedaan sosial dalam pelayanan kesehatan di satu pihak untuk mencari bentuk efisiensi pendanaan yang tepat bagi masyarakat dipihak lain. Paradigma rumah sakit saat ini harus dirubah dari hanya melayani orang saki menjadi melayani konsumen. Dengan kata lain rumah sakit haras mampu menyusun strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk perkembangan rumah sakit itu sendiri.
      Kajian hasil penelitian ini mungkin masih perlu digali lebih dalam lagi untuk penyempurnaannya. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling dan quota sampling menghasilkan jumlah sampel 100 responden telah representatif memenuhi keilmuan, karena metode yang digunakan berdasarkan analisis statistik. Pengujian hipotesis juga menggunakan Uji F untuk mengetahui pengaruh simultan variabel bebas terhadap variabel terikat, dan Uji t juga dipergunakan untuk melihat secara parsial variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ternyata signifikan bahwa bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas VIP. Jadi bauran pemasaran dengan urutan sebagai berikut perlu menjadi perhatian para pengambil kebijakan perumah sakitan.
Â
Kata Kunci : Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan
Referensi
Aditama. Candra Yoga. 2001. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Alma, Bukhari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Jakarta: Alfabeta.
Asri, Marwan.1999. Marketing. Yogyakarta: BPFE
Djarwanto dan Pangestu. 1996. Statistik Induktif. Yogyakarta:BPFE
Djojodibroto, R Darmanto. 1997. Kiat Mengelola Rumah Sakit. Jakarta: Hipokrates
Engel, James F. Roger D et.,all. 1994. Perilaku Konsumen, Terjemahan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Hasan, Iqbal.1999. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensi), Jakarta: Bumi Aksara.
Keegan, Waren J.I996. Manajemen Pemasaran Global. Jakarta : Prentice Hall.
Kottler Philip. 1997. Manajemen Pemasaran; Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol. Prentice Hall.
Payne, Andrian. 2000. The Essense of Service Marketing. Prentice Hall
Primalita, Ratni. 1999. Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Memilih RSU di Kotamadya Padang. Thesis Pascasarjana Universitas Brawijaya. Malang.
Sugiyono. 1997. Statistik Non Parametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. I991. Statistik: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Stanton, WJ. 1996. Fundamental of Marketing. Kogakusha: Me Grawhill.
Swastha dan Irawan. 1990. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandi. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi
Tricahyono, Bambang. 1999. Manajemen Pemasaran. Jakarta: IPWI.
Umar, Husein. 1999. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan
Tesis Bisnis. Jakarta : Raja Grapindo Persabda.
Yazid. 1999. Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.