Kualitas Pelayanan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v15i02.1783Abstrak
ABSTRACTÂ
        This research is formulated whether or not there was significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at mauhammadiyah hospital Palembang. This research was aimed at determining the significant influence of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang. This research type was such an associative. The research location was at muhammadiyah hospital of Palembang. There were 100 respondents used as sample of the research. The data sources were primary data and secondary data. To collect the data, the researcher used questionnaire. To analyze the data, the researcher used Structural Equation Model (SEM) for windows 8.70 version. The resuls showed that there was significant of service quality toward the patients’ satisfaction and loyality impact at muhammadiyah hospital Palembang.
Â
Keywords                  : service quality, patients’ satisfaction, loyality
Correspondence to      : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com
Â
ABSTRAKÂ
       Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Adakah pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan tempat penelitian di rumah sakit Muhammadiyah Palembang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner. Adapun teknik analisis data yang dugunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) for windows versi 8.70. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang. 2) kepuasan pasien berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pasien rumah sakit Muhammadiyah Palembang.
Â
Kata Kunci                 : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasein.
Korespondensi            : umiulul@gmail.com, ikhwanperindu@gmail.com
Referensi
Habibaturrahmah, Diah Isnaini Asiati. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang
Huriyati,Ratih. 2009. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta
Khotler Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Khotler , Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
M. Rofik. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit
Muhammadiyah Palembang
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Jakarta : Pustaka
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.