Strategi Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya Mencapai Pendidikan Bermutu

Authors

  • Gojin Abdul Rohman Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v5i2.954

Abstract

Dalam dunia pendidikan dikenal konsep tri pusat pendidikan (keluarga,
sekolah dan masyarakat). Pendidikan tri pusat ini secara bertahap dan terpadu
mengemban tanggung jawab masing-masing. Dengan adanya tiga komponen
tersebut, maka pendidikan bermutu menuntut partisipasi bersama, untuk itu
diperlukan kerja sama antar ketiga komponen tersebut. Dalam kerangka itu,
penelitian ini abermutu di SMP al-Azhar Kelapa Gading Surabaya sebagai wujud
kerja sama dan partisipasi wali murid dan guru. Setelah itu akan diarahkan pada
bentuk-bentuk kerja sama dan partisipasi wali murid dan guru. Setelah itu akan
digambarkan bagaimana strategi pengembangan pendidikan bermutu.
Dalam rangka memperoleh data ditempat penelitian, digunakan metode kualitatif,
sedangkan tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
1. Peran sekolah mencapai mutu pendidikan SMP Al-Azhar Kelapa Gading
Surabaya
a. Kepala sekolah melakukan penyeleksian dalam rekrutan SDM/ guru
secara selektif
a. Kepala sekolah melakukan supervisi setiap Minggu melalui cctv
b. Sistem informasi penilaian secara teliti, memudahkan guru didalam
pengisiannya dan juga memudahkan kepala sekolah dalam
pemantauannya
c. Adanya psikolog yang selalu memonitor perkembangan peserta didik
d. Pemantauan kepala sekolah dalam tahap perencanaan pelaksanaan dan
hasil belajar
2. Strategi mencapai mutu pendidikan SMP Al-AzharKelapa Gading Surabaya
a. Menerapkan model pendidikan berbasis mutu dengan kegiatan
pembelajaran
b. Sistem pembelajaran diluar kelas seperti outing clas
c. Melatih dasar kepemimpinan peserta didik dengan melalui OSIS
d. Melatih peserta didik didalam kehidupan nyata, misalnya : ABR
(Alazka Basic Research)
a. Memperdalam ilmu bahasa asing peserta didik yaitu dengan penguatan
bahasa Inggris dengan kunjungan di Konjen
b. Mengadakan pondok Romadlon untuk memperdalam ilmu agama
3. Hasil mutu yang dicapai SMP Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya
Lembaga pendidikan al-Azhar bisa berkembang pesat dengan
mencapai pendidikan bermutu dan berkualitas dengan melalui hasil dari
UAS, UNAS dan khotmil Qur‟an, peserta didik dengan mengikuti ujian
tersebut dengan hasil yang memuaskan, lulus 100 % dan juga bisa baca
Qur‟an dan hafal juz „amma (juz 30) dengan baik dan lancar.

Published

2017-11-20

Issue

Section

Editorials