Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v6i2.918Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada Al-Qur’an yang satu-satunya
kitab suci yang dihafal oleh ribuan umat manusia dari seluruh penjuru dunia
sepanjang zaman. Dalam usia muda, (usia pra sekolah hingga SMA) kegiatan
menghafal Al-Qur’an sangat urgen ditanamkan dalam ingatan mereka agar ingatan
mereka yang masih bersih terisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Oleh karena itu,
orang tua dan para pendidik hendaknya memberikan perhatian dan bimbingan yang
tepat agar generasi muda ini menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama.
Terdapat pengaruh yang positif dan sgnifikan antara menghafal Al-Qura’an dengan
prestasi belajar siswa. Hal tersebut ditunjukan dari r hasil perhitungan sebesar
0,681 lebih besar dari pada tabel r, baik dari pada taraf signifikasi 5%(0,514)
maupun 1%(0,641).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ