Pengembangan Integrasi Kurikulum

Authors

  • Khozin Khozin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Abdul Haris Dosen Universitas Muhammadiyah Malang
  • Asrori Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v10i1.9090

Keywords:

Pengebangan, Integrasi, Kurikulum

Abstract

Integrasi kurikulum membuka peluang bagi peserta didik memahami berbagai permasalahan di lingkungan merekadengan berbagai pandangan. Integrasi kurikulum, peserta didik diharapkan mempunyai kompetensi dalam mengidentifikasi, menilai, dan memakai informasi yang ada di sekitarnya secara bermakna. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran secarah utuh tentang: integrasi kurikulum, model integrasi kurikulum, pelaksanaan pengembangan integrasi kurikulum. Hasil penelitian ini diantaranya: Pertama, integrasi kurikulum di klasifikasi menjadi tiga tahapan, yakni: integrasi kurikulum satu disiplin ilmu, integrasi kurikulum beberapa disiplin ilmu, integrasi kurikulum campuran. Kedua model integrasi kurikulum yaitu: fragmented, connected, nested, squenced, shared, webbed, threaded, integrated, immersed, networked. Ketiga, pelaksanaan pengembangan integrasi kurikulum bisa dilakukan beberapa langkah atau tahapan: melihat tujuan integrasi pembelajaran, klasifikasi pengintegrasian tema materi, pemaduan konsep dalam pembelajaran terintegrasi

References

Ahmad Budiyono. (2021). Konsep Kurikulum Terintegrasi: Analisis Kurikulum Formal dengan Pesantren. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1). https://stituwjombang.ac.id/jurnalstit/index.php/ilmuna/article/view/253

Bambang Suryadi, Fika Ekayanti, E. A. (2018). An Integrated Curriculum at an Islamic University: Perceptions of Students and Lecturers. Eurasian Journal of Educational Research, 74. https://doi.org/0.14689/ejer.2018.74.2

Cushion, C.J. & Jones, R. L. (2012). A Bourdieusian Analysis of Cultural Reproduction: Socialisation and The ‘Hidden Curriculum’ in Professional Football. Sport, Education and Society, 19(3). https://doi.org/10.1080/13573322.2012.666966

Fogarty, R. (1991). Ten Ways to Integrate Curriculum. Educational Leadership, 49(2).

Fogarty, R. (2009). How to Integrate the Curricula. CorwinPress.

Glatthorn, A. A. (1994). Developing Aquality Curriculum. Association for Supervision and Curriculum Development. Pitt St.

Hadijaya, Y. (2015). Pengembangan Kurikulum Integratif Pendidikan Dasar dan Menengah Menuju Pembelajaran Efektif Sebuah Analisis Kritis. Jurnal Tarbiyah, 22(2). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/38

Hasibuan, L. (2011). Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan. Gaung Persada Press.

Huberman, M. dan. (1994). Analisis data Kualitatif. (Tjetjep Rohedi Rosidi (ed.)). Universitas Indonesia.

Husaini Husaini, A. A. (2019). Implementasi Integrasi Kurikulum Pada TK Al-Manar Kabupaten Bener Meriah. Pioner Jurnal Pendidikan, 8(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4587

Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi Dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus Di Sma Darul ‘Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq :Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2). https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/80

J.John, Y. (2015). A “New†Thematic, Integrated Curriculum for Primary Schools of Trinidad and Tobago: A Paradigm Shift. International Journal of Higher Education, 4(3). https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n3p172

McPhail, G. (2017). Curriculum Integration in the Senior Secondary School: a Case Study in a National Assessment Context. Journal of Curriculum Studies. https://doi.org/10.1080/00220272.2017.1386234

Muhammad Ali. (2009). Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Sinar Baru Algensindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2012). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2003). Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Olivia, P. F. (1992). Developing the Curriculum. Harper Collins Publisher.

Palmer, J. M. (1991). Planning wheels Turn Curriculum Around. Educational Leadership Journal, 29(2).

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Rajawali Pers.

Sabda, S. (2006). Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ (Desain, Pengembangan & Implementasi). Ciputat Press Group.

Schumacher, D. H. (1995). Five Levels of Curriculum Integration Defined, Refined, and Described. Research in Middle Level Education. https://doi.org/10.1080/10825541.1995.11670055

Sukmadinata, N. S. (1997). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka.

Published

2021-05-25

Issue

Section

Editorials