Prelude Aplikasi Plotagon Story Untuk Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Arab Sesuai KMA 183 Tahun 2019
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v10i1.8485Abstract
Media pembelajaran merupakan bagian dari komponen pembelajaran dan menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Di era revolusi industri 4.0 ini perkembangan teknologi sangat pesat dan membuat pemakaian media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang pilihannya semakin beragam.Melalui mediapembelajaran berupa cerita animasi 3D dariaplikasi Plotagon dapat menstimulus kemampuan berbahasa serta menjaga lingkungan berbahasa baik di kelas maupun di luar kelas. Mengingat pada kurikulum Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 183 butir pertama dirancang dengan karakteristik untuk meningkatkan keterampilan berbahasa (al-Maharah al-Lughawiyah), maka pemanfaatan cerita animasi 3D aplikasi Plotagon akan sangat bermanfaat terutama untuk keterampilan berbicara Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik, dan juga efektifitas dari proses pembelajaran bahasa arab materi percakapan dengan menggunakan aplikasi Plotagon Sedangkan tujuan yang lain adalah untuk mengetahui adanya faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam impelentasi aplikasi tersebut dalam pembelajaran bahasa arab pada materi percakapan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode campuran atau yang disebut dengan Mixed Methods yaitu menggabungkan antara  jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan memaparkan data secara detail berdasarkan dua kombinasi jenis penelitian tersebut. Adapun teknik yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan  tes, dan SMA Muhammadiyah 4 Surabaya menjadi objek penelitian. Sedangkan subjek penelitian adalah para guru dan siswa yang diilih secara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar X pada data pretest dan posttest. Sehingga dari hasil ini melalui aplikasi Plotagon Story dapat meningkatkan maharah kalam.Downloads
Published
2021-06-16
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ