Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusi Berbasis Aplikasi On-Line
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i2.7525Abstract
Sekolah inklusi adalah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan oleh sekolah reguler dengan tujuan untuk memperoleh pendidikan yang layak sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pendidikan No. 20 tahun 2003. Di era baru yang normal ini, guru dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran secara online. Dari hasil penelitian ditemukan berbagai permasalahan yaitu dari aspek kurikulum dan tenaga pengajar yang kurang memahami teknis penggunaan TI dalam pembelajaran on-line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modifikasi kurikulum berbasis aplikasi on-line yang dilakukan oleh guru di sekolah inklusi di Kabupaten Sidoarjo untuk pendidikan dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, guru, pembimbing khusus dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum sekolah inklusi berbasis aplikasi on-line tidak dapat disamakan dengan sekolah atau kelas reguler, tetapi harus dimodifikasi. Bentuk modifikasi yang telah dilakukan disesuaikan dengan karakteristik dan hambatan siswa yang dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu ringan, sedang dan berat. Modifikasi meliputi bahan ajar, bentuk penilaian dan soal pengayaan
References
Asrori. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada, 2020.
Cooc, N. Teaching students with special needs: International trends in school capacity and the need for teacher professional development. Teaching and Teacher Education, 83, 27–41. 2019 https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.03.021
Darma, I. P., & Rusyidi, B. Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2015
Dinas Pendidikan &Kebudayaan Kab. Sidoarjo. (2019). Data lembaga Inklusi Se Kabupaten Sidoarjo tahun 2018. Sidoarjo. 2019
Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusid, Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jakaarta. 2007
Farrel, M.. Understanding special educational needs, a guide for student teachers. London: Routledge Falmer. 2003
Kristiawati, W. dan R. Gambaran sekolah inklusif di Indonesia: Tinjauan sekolah menengah pertama [The overview of inclusive school in Indonesia: Reviews of Junior High Schools]. Gambaran Sekolah Inklusif Di Indonesia Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. 2016
Lincoln, N. K. D. dan Y. S. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2009
Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2015
Mapunda, P. H., Omollo, A. D., & Bali, T. A. L. Challenges in identifying and serving students with special needs in Dodoma, Tanzania. International Journal of Child Care and Education Policy, 11(1). 2017 https://doi.org/10.1186/s40723-017-0036-8
Nasution, S. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. 2012
Sulthon, S. Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. Inklusi, 6(1), 151. 2019 https://doi.org/10.14421/ijds.060107
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ