Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusi Berbasis Aplikasi On-Line

Authors

  • Nurdyansyah Nurdyansyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Istikomah Istikomah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ika Ratna Indra Astutik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.7525

Abstract

Sekolah inklusi adalah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus yang diselenggarakan oleh sekolah reguler dengan tujuan untuk memperoleh pendidikan yang layak sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Pendidikan No. 20 tahun 2003. Di era baru yang normal ini, guru dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran secara online. Dari hasil penelitian ditemukan berbagai permasalahan yaitu dari aspek kurikulum dan tenaga pengajar yang kurang memahami teknis penggunaan TI dalam pembelajaran on-line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan modifikasi kurikulum berbasis aplikasi on-line yang dilakukan oleh guru di sekolah inklusi di Kabupaten Sidoarjo untuk pendidikan dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, guru, pembimbing khusus dan guru kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum sekolah inklusi berbasis aplikasi on-line tidak dapat disamakan dengan sekolah atau kelas reguler, tetapi harus dimodifikasi. Bentuk modifikasi yang telah dilakukan disesuaikan dengan karakteristik dan hambatan siswa yang dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu ringan, sedang dan berat. Modifikasi meliputi bahan ajar, bentuk penilaian dan soal pengayaan

References

Asrori. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada, 2020.

Cooc, N. Teaching students with special needs: International trends in school capacity and the need for teacher professional development. Teaching and Teacher Education, 83, 27–41. 2019 https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.03.021

Darma, I. P., & Rusyidi, B. Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 2015

Dinas Pendidikan &Kebudayaan Kab. Sidoarjo. (2019). Data lembaga Inklusi Se Kabupaten Sidoarjo tahun 2018. Sidoarjo. 2019

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Pedoman Khusus Penyelenggaraan Pendidikan Inklusid, Manajemen Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Jakaarta. 2007

Farrel, M.. Understanding special educational needs, a guide for student teachers. London: Routledge Falmer. 2003

Kristiawati, W. dan R. Gambaran sekolah inklusif di Indonesia: Tinjauan sekolah menengah pertama [The overview of inclusive school in Indonesia: Reviews of Junior High Schools]. Gambaran Sekolah Inklusif Di Indonesia Tinjauan Sekolah Menengah Pertama. 2016

Lincoln, N. K. D. dan Y. S. Handbook of Qualitative Research. Terj. Dariyatno dkk. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2009

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2015

Mapunda, P. H., Omollo, A. D., & Bali, T. A. L. Challenges in identifying and serving students with special needs in Dodoma, Tanzania. International Journal of Child Care and Education Policy, 11(1). 2017 https://doi.org/10.1186/s40723-017-0036-8

Nasution, S. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti. 2012

Sulthon, S. Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. Inklusi, 6(1), 151. 2019 https://doi.org/10.14421/ijds.060107

https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Published

2020-11-25

Issue

Section

Editorials