Model Pengajaran Langsung Media Permainan Ular Tangga Materi Nama Malaikat dan Tugasnya di SDN Ngembung Cerme Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6784Keywords:
Pengajaran Langsung, Media Permainan Ular TanggaAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan siswa dalam menerapkan model pengajaran langsung dengan menggunakan permainan ular tangga, (2) kinerja siswa selama menggunakan permainan ular tangga dalam pengajaran langsung, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngembung Cerme Gresik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan menggunakan permainan ular tangga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tiap putaran yaitu untuk putaran I sebesar 53,85%, putaran II sebesar 71,79%, sedangkan pada putaran III sebesar 87,18%, (2) Keterampilan siswa diperoleh dari kinerja siswa selama menerapkan media permainan ular tangga sebagai umpan balik siswa dalam pengajaran langsung mengalami peningkatan, dan (3) Keterampilan guru dalam menerapkan penilaian guru tiap putaran mengalami peningkatan . Pada putaran pertama memperoleh nilai rata-rata 2,56, pada putaran kedua dengan nilai rata-rata 2,85, dan pada putaran ketiga memperoleh nilai rata-rata 3,54.
References
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Asra, Sumiati. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2009.
Asrori, M. Pd I. "Inovasi belajar dan Pembelajaran PAI (Teori & Aplikatif)." (2019).
Asrori, Asrori, and Rusman Rusman. "Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru." (2020).
Asrori, Asrori. "Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya." Studia Religia (Pemikiran dan Pendidikan Islam) 2.2 (2018): 189-199.
Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Ningrum, Epon. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak, 2014.
Nur, Muhammad. Pengajaran Langsung. Surabaya: Uni Press, 2000.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ