Model Pengajaran Langsung Media Permainan Ular Tangga Materi Nama Malaikat dan Tugasnya di SDN Ngembung Cerme Gresik

Authors

  • Asrori Asrori Universitas Muhmammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6784

Keywords:

Pengajaran Langsung, Media Permainan Ular Tangga

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan siswa dalam menerapkan model pengajaran langsung dengan menggunakan permainan ular tangga, (2) kinerja siswa selama menggunakan permainan ular tangga dalam pengajaran langsung, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngembung Cerme Gresik.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan menggunakan permainan ular tangga berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tiap putaran yaitu untuk putaran I sebesar 53,85%, putaran II sebesar 71,79%, sedangkan pada putaran III sebesar 87,18%, (2) Keterampilan siswa diperoleh dari kinerja siswa selama menerapkan media permainan ular tangga sebagai umpan balik siswa dalam pengajaran langsung mengalami peningkatan, dan (3) Keterampilan guru dalam menerapkan penilaian guru tiap putaran mengalami peningkatan . Pada putaran pertama memperoleh nilai rata-rata 2,56, pada putaran kedua dengan nilai rata-rata 2,85, dan pada putaran ketiga memperoleh nilai rata-rata 3,54.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Asra, Sumiati. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, 2009.

Asrori, M. Pd I. "Inovasi belajar dan Pembelajaran PAI (Teori & Aplikatif)." (2019).

Asrori, Asrori, and Rusman Rusman. "Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru." (2020).

Asrori, Asrori. "Education Implementation Through Tahfidzul Qur’an Teaching in SMPIT Ar Rayyan Surabaya." Studia Religia (Pemikiran dan Pendidikan Islam) 2.2 (2018): 189-199.

Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ningrum, Epon. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak, 2014.

Nur, Muhammad. Pengajaran Langsung. Surabaya: Uni Press, 2000.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials