Implementasi Strategi Think, Talk, Write Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan

Authors

  • Zainal Arifin Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam, UMSurabaya
  • Riza Firmansyah

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6758

Keywords:

Strategi, Think, Talk, Write, Al-Islam

Abstract

Seorang guru dikatakan sebagai guru efektif apabila ia mampu mengubah Strategi, Metode, dan Teknik dalam mengajar agar tidak terkesan membosankan sehingga siswa terkesan pasif di dalam kelas. Untuk itu guru harus mempunyai cara atau metode yang tepat dalam menyampaikan suatu pelajaran salah satunya adalah dengan strategi Think, Talk, Write (TTW). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Pertama, Bagaimana implementasi strategi Think, Talk, Write di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan, Kedua, Sejauh mana penerapannya dalam Meningkatkan Keaktifan belajar siswa kelas X-11 pada pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif - kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, interview, dan dokumentasi, dan dengan teknik análisis induksi, deduksi, dan komparasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Pertama, Implementasi strategi Think, Talk, Write di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan sudah berjalan cukup baik, karena dalam penerapannya tidak ada kendala - kendala atau problem - problem, serta adanya penerapan strategi Think, Talk, Write memiliki kontribusi atau peran terhadap pendidikan anak di SMP Muhammadiyah Pondok Modern Paciran Lamongan, terutama dalam membantu kegiatan belajar mengajar dikelas. Kedua, Adapun implementasi dari strategi Think, Talk, Write dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa, adalah dengan penggunaan berbagai metode pengajaran yang dilakukan oleh guru sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar, membuat siswa lebih memperhatikan pelajaran, membantu proses pembelajaran interaktif menyenangkan antara guru dan murid, sehingga memudahkan menerima materi pelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar (2007), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bakry, Sama’un (2005), Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Bobbi, De Porter dan Mike Hermaeki (2002), Quantum learning, Bandung: Kaifa.

Dimiyati (1999), Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri (1995), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Furhan, Arief (1982), Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.

Hadi, Sutrisno (1991), Metodologi Research II, Yogyakarta: Andi Offset.

Hasbullah (2003), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hisyam, Zaini dkk (2007), Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD.

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran, aktif inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan), Semarang: Rasail Media Group.

Moleong, Lexy J (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution (2006), Metode Reseach, Jakarta: Bumi Aksara.

Najib, Sulhan (2006), Pembangunan Karakter Pada Anak, Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif, Surabaya: Intelektual Clib.

Silberman, Melvin (2004), Active Learning, Bandung: Nusa Media.

Suriasumantr, Jujun (1994), Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Popular, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Surakhman, Winarno (1998), Pengantar Ilmiyah Dasar Metode Tehnik, Bandung: Tarsito.

Suwarno, Wiji (2006), Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Taboni, Imam Suprayogo (2001), Metodologi Penelitian Sosial Agama, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials