Bimbingan Dan Konseling Islam Dengan Cognitive Behavior Theraphy Untuk Mencegah Anxiety (Masalah Kesehatan Mental) Seorang Siswa Di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6756Keywords:
Bimbingan, Konseling, dan AnxietyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas Bagaimana pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan cognitive behavior therapy (CBT) dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo? (2) Bagaimana hasil dari siswa setelah menjalani proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan cognitive behavior therapy (CBT) dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Dalam menganalisis Bimbingan dan Konseling Islam ini dengan Cognitive Behavior Therapy dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo, data yang disajikan dalam bab ini penyajian data berupa hasil wawancara dan observasi. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa masalah kesehatan mental (anxiety) yang dialami seorang siswa adalah sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan dan fisik klien, dari pengamatan konselor sebelum melakukan proses konseling, masalah yang dialami seorang siswa tersebut adalah sering mengalami depresi dan kecemasan yang telah dialaminya. Dalam menangani masalah kasus ini konselor menggunakan Cognitive behavioral therapy, proses konseling menggunakan wawancara (tatap muka dengan klien) dengan mengarahkan bagaimana berfikir yang positif dan berperilaku yang baik. Dengan merubah sikap atau perilaku klien. Hasil akhir dari proses konseling ini dapat dilihat dari adanya perubahan sikap klien atau perilaku klien yang kurang baik sehingga menjadi lebih baik.
References
Aaron, T BECK (1990), Arthur Freeman & Associates, Cognitive Therapy of Personality, tt.
Burhanuddin, Yusak (1999), Kesehatan Mental, Bandung: CV. Pustaka Ceria.
Geldard, Kathryn (2012), Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunarsah, Singgih D. (2000), Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Judith, S BECK (1995), Cognitive Therapy: Basics and Beyond, New York: The Guilford Press.
Komalasari, Gantina (2011), Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: PT. INDEKS.
Marsudi, Saring (2010), Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah, Suratakarta: Muhammadiyah University Press.
Mulyana, Deddy (2002), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ