Bimbingan Dan Konseling Islam Dengan Cognitive Behavior Theraphy Untuk Mencegah Anxiety (Masalah Kesehatan Mental) Seorang Siswa Di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo

Authors

  • Din Muhammad Zakariya Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam, UMSurabaya
  • Muh Iqbal Azhar Aziz

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6756

Keywords:

Bimbingan, Konseling, dan Anxiety

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas Bagaimana pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Islam dengan cognitive behavior therapy (CBT) dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo? (2) Bagaimana hasil dari siswa setelah menjalani proses Bimbingan dan Konseling Islam dengan cognitive behavior therapy (CBT) dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Dalam menganalisis Bimbingan dan Konseling Islam ini dengan Cognitive Behavior Therapy dalam mencegah masalah kesehatan mental seorang siswa di Pondok Pesantren Islam Salman Al-Farisi Karanganyar Solo, data yang disajikan dalam bab ini penyajian data berupa hasil wawancara dan observasi. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa masalah kesehatan mental (anxiety) yang dialami seorang siswa adalah sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan dan fisik klien, dari pengamatan konselor sebelum melakukan proses konseling, masalah yang dialami seorang siswa tersebut adalah sering mengalami depresi dan kecemasan yang telah dialaminya. Dalam menangani masalah kasus ini konselor menggunakan Cognitive behavioral therapy, proses konseling menggunakan wawancara (tatap muka dengan klien) dengan mengarahkan bagaimana berfikir yang positif dan berperilaku yang baik. Dengan merubah sikap atau perilaku klien. Hasil akhir dari proses konseling ini dapat dilihat dari adanya perubahan sikap klien atau perilaku klien yang kurang baik sehingga menjadi lebih baik.

References

Aaron, T BECK (1990), Arthur Freeman & Associates, Cognitive Therapy of Personality, tt.

Burhanuddin, Yusak (1999), Kesehatan Mental, Bandung: CV. Pustaka Ceria.

Geldard, Kathryn (2012), Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gunarsah, Singgih D. (2000), Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Judith, S BECK (1995), Cognitive Therapy: Basics and Beyond, New York: The Guilford Press.

Komalasari, Gantina (2011), Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: PT. INDEKS.

Marsudi, Saring (2010), Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah, Suratakarta: Muhammadiyah University Press.

Mulyana, Deddy (2002), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Published

2020-12-14

Issue

Section

Editorials