Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an dan Hadits
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6755Keywords:
Karakter, Peserta Didik, Al-Qur’an, HaditsAbstract
Peserta didik sebagai manusia yang dilahirkan telah mempunyai potensi yang harus senantiasa ditumbuh kembangkan secara optimal dan terpadu melalui proses pendidikan, baik dari orang tuanya maupun lingkungan disekitarnya termasuk dalam bangku sekolah. Latar belakang tersebut menjadi alasan, yang diharapkan peserta didik mampu mengembakan karakter pada dirinya. Sedangkan karakter diri pada mereka selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor dari di dalam dan luar dirinya. Dalam pendidikan Islam, faktor-faktor tersebut secara sinergi dan terpadu mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan. Pada aktivitas pendididikan, baik pendidikan umum maupun yang berbasis Islam, pada umumnya memiliki sumber-sumber norma sebagai landasan berpijak. Pendidikan Islam memiliki landasan utama sebagai aktivitas normatif, yaitu bersumber pada al-Qur’an dan Hadits. Karakteristik peserta didik yang ideal perspektif al-Qur’an dan Hadits dapat dilihat dari sifat mereka, yaitu niat karena Allah, sabar, ikhlas, jujur, tawadhu’, qana’ah, toleran, tha’at, tawakkal, khauf dan raja, dan syukur.
References
Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1991. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.
Amirudin, Noor dan Basri, Hasan. 2020. The Internalization of Islamic Values on Undergraduet Student Through The Baitul Arqam. Dayah: Jurnal of Islamic Education. Volume 3(2).
Departemen Agama RI. 2010. Alhidayah Al-Qur’an Tafsir Per Kata Tajwid Kode Angka. Tangerang: Kalim.
Al-Ghazali. 1995. Ringkasan Ihya Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani.
Al-Syaibani. 1979. Falafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bintang.
Chaplin, J.P. 1999. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Drever, James. 1986. Kamus Psikologi. Jakarta: Bina Aksar.
Husaini, Adian et. al. 2013. Filsafat Ilmu. Jakarta: Gema Insani.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nata, Abuddin. 2001. Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru Dan Murid. Jakarta: Rajawali Press.
Nata, Abuddin. 1997. Filsafat Pendidikan Isam. Jakarta: Logos.
Tafsir, Ahmad. 1996. Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ