Teori Perkembangan Sosial Anak dan Pengaruhnya Bagi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5464Keywords:
Teori, Sosial, AnakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang teori perkembangan sosial anak dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif. Â Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, terdapat tiga teori perkembangan sosial anak, yaitu: teori nativisme, empirisme, dan konvergensi. Teori nativisme mengatakan bahwa manusia akan berkembang seperti apa sangat tergantung dari pembawaan. Teori empirisme menyatakan bahwa bayi ketika lahir ibarat kertas yang masih putih bersih, dan akan tumbuh dan berkembang, seorang anak sangat tergantung pengaruh dari luar yang datang. Teori konvergensi menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia tergantung pada dua faktor: yaitu bakat atau pembawaan dan lingkungan atau sekolah. Teori konvergensi mengakui bahwa manusia lahir telah membawa bakat atau potensi-potensi dasar yang dapat dikembangkan. Proses pengembangan sangat tergantung pada lingkungan masyarakat dan sekolah. Â Kedua, Proses perkembangan sosial anak atau sebagai makhluk sosial yang berkepribadian dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal (yang berasal dari dalam diri anak) maupun faktor eksternal (yang berasal dari luar diri anak). Ada lima faktor yang menjadi dasar perkembangan kepribadian anak, yaitu sifat dasar, lingkungan pre-natal, perbedaan individual, lingkungan dan motivasi.
References
Abu Ahmadi. 2016. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Ahmad, Zaenal Abidin. 2015. Konsep Negara Bermoral Menurut al-Ghozali. Jakarta: Bulan Bintang.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada
Langgulung, Hasan. 2006. Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tharaba, M. Fahim dan Moh. Padil. 2015. Sosiologi Pendidikan Islam. Malang: Dream Litera.
Veger, Karl. 2017. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Grafindo.
Vembriarto. 2010. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gunung Agung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ