Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali

Authors

  • Din Muhammad Zakariya Program Pascasarjana Prodi Pendidikan Islam, UMSurabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikan karakter dan bagaimana teori pendidikan karakter menurut al-Ghozali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Kedua, Teori pendidikan karakter menurut al-Ghozali adalah pembersihan diri dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan, kemudian mengisinya dengan sifat-sifat ketuhanan (rabbani). Pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sifat kebinatangan adalah pembersihan diri dari sifat-sifat hawa nafsu, seperti rakus, bakhil, riya’, dengki, buruk hati, la’b (main-main), dan lahw (senda gurau). Pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sifat setan adalah meninggalkan sifat-sifat setan dalam diri seperti mengganggu, tipu muslihat, merusak, dan berkata kotor. Apabila jiwa sudah bersih dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan, maka mudah berkembang sifat-sifat ketuhanan dalam diri. Adapun pendidikan karakter dalam kaitannya dengan sifat rabbani adalah pembinaan jiwa dengan sifat-sifat dan nama-nama Allah, seperti ilmu, hikmat, dan sifat-sifat lainnya yang terlepas dari perbudakan hawa nafsu dan amarah.

References

Munawir, Asrori 2020. Anomali Perilaku Remaja: Dialektika Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam, Malang: Literasi Nusantara.

Ghazali. 1980. Ihya’ ulum ad-din, Beirut: Dar al-Fikr.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hazimi, Khalid. 2000. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah, Madinah al-Munawwarah: Dar 'Alam al Kutub.

Kesuma, Dharma. 2017. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Langgulung, Hasan. 1995. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. 2013. Rekontruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nata, Abudin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Depok: PT. Rajawali Pres.

Samani, Muhlas dan Hariyanto. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tafsir, Ahmad. 2010. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Rosda.

Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Ulil Amri Syafri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur'an. Jakarta: Rajawali Press.

Wibowo, Agus dan Sigit Purnama. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials