Penerapan Pendekatan Inkuiri Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5456Keywords:
Pendekatan Inkuiri, Berpikir KritisAbstract
Penerapan pendekatan inkuiri di kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya, guru membimbing peserta didik berdoa sebelum memulai pelajaran, guru membentuk beberapa kelompok, memberi permasalahan kepada kelompok, guru membimbing peserta didik yang masih bingung tentang maksud dari soal tersebut, mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kemampuan berpikir kritis di kelas X SMK Al – Irsyad Surabaya  terdapat peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan ke II. Faktor pendukung dari penerapan pendekatan inkuiri yaitu penggunaan media pembelajaran yaitu LCD. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pendekatan inkuiri yaitu terlalu banyak menghabiskan waktu dan semangat dari peserta didikReferences
Aan Komariah, Djam'an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada,
Daradjat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media, 2011
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
W. Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Downloads
Published
2020-07-20
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ