Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Market Place Activity di SMP Negeri 29 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5454Keywords:
Pembelajaran Market Place Activity, Hasil Belajar PAIAbstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 29 Surabaya Kelas 8A pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran Market Place Activity. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 29 Surabaya. Dengan subyek penelitian siswa kelas 8A sebanyak 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas yakni rendahnya hasil belajar siswa, kurang aktifnya siswa, kurang keterkaitan antara materi pelajaran dan khidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini sebanyak empat kali pertemuan yang terbagi kedalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan Siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada siklus I = 63.48 dengan rata-rata ketuntasan mencapai 41.94% dan setelah post test siklus II nilai rata- rata hasil belajar PAI siswa mencapai 80.71 dengan 77.42% serta setelah post test III nilai rata- rata hasil belajar PAI siswa mencapai 89.81 dengan 93.55% siswa yang mencapai KKMReferences
Aminuddin Rasyad. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
Asrori & Rusman. 2020. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada
Asrori. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI: Teori Aplikatif. Surabaya: UMSurabaya Press
Chabib Toha & dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Pendidikan Agama Islam. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Depag.
Nana Sudjana. 1999. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Kaarya.
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Paul Ginnis, Teacher Toolkit: Raise Classroom Achievement with Strategies for Every Learner†http://www.thinkinghistory.co.uk/ActivityModel/ActModMarketPlace.html
Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia,
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ