Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Melalui Metode Market Place Activity di SMP Negeri 29 Surabaya

Authors

  • Eko Anwar Haryono Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ika Puspitasari Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5454

Keywords:

Pembelajaran Market Place Activity, Hasil Belajar PAI

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 29 Surabaya Kelas 8A pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran Market Place Activity. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 29 Surabaya. Dengan subyek penelitian siswa kelas 8A sebanyak 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang muncul dalam kelas yakni rendahnya hasil belajar siswa, kurang aktifnya siswa, kurang keterkaitan antara materi pelajaran dan khidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan dalam empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini sebanyak empat kali pertemuan yang terbagi kedalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan Siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata pada siklus I = 63.48 dengan rata-rata ketuntasan mencapai 41.94% dan setelah post test siklus II nilai rata- rata hasil belajar PAI siswa mencapai 80.71 dengan 77.42% serta setelah post test III nilai rata- rata hasil belajar PAI siswa mencapai 89.81 dengan 93.55% siswa yang mencapai KKM

References

Aminuddin Rasyad. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Asrori & Rusman. 2020. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada

Asrori. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI: Teori Aplikatif. Surabaya: UMSurabaya Press

Chabib Toha & dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Pendidikan Agama Islam. 2015. Modul Metode Pembelajaran. Jakarta: Depag.

Nana Sudjana. 1999. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Kaarya.

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Paul Ginnis, Teacher Toolkit: Raise Classroom Achievement with Strategies for Every Learner†http://www.thinkinghistory.co.uk/ActivityModel/ActModMarketPlace.html

Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia,

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials