Implementasi Model Pembelajaran Edutainment Dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMPN 35 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5453Keywords:
Model Pembelajaran Edutainment, Pengembangan Kreativitas BelajarAbstract
Penelitian model pembelajaran Edutainment Dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 35 Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebab penelitian ini menitik beratkan pada proses aplikasi “Pelaksanaan pembelajaran edutainment dalam pengembangan kreativitas mata pelajaran PAIâ€, maka metode penelitian yang sesuai dan tepat adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam pengembangan kreativitas belajar siswa pada bidang studi PAI di SMP Negeri 35 Surabaya dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran berbeda-beda dan bervariasi yang digunakan secara bergantian, diciptakannya dalam kondisi kelas yang ceria, menyenangkan dan penuh kegembiraanReferences
Agoes Dariyo. 2003. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo Widya Sarana Indonesia.
Ahmad D. Marimbah. 1974. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.
Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan: Pendekatan Multidisipliner. Purwokerto: Pena Persada.
Hanun Asrohah. 2004. Pendidikan Islam dalam KBK: Studi tentang Pengembangan Pembelajaran PAI Model di MIN Malang, Surabaya: Nizamia.
Khudhori Soleh. 2003. Pendidikan Islam Kontemporer. Yogyakarta: Jendela.
Sunan Ibnu Majjah. Juz 1 Hadits No. 224, Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, tt
Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan di Indonesia: Membedah Metode dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : Ar-Ruzz.
Syafrudin Nurdin. 2005. Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keberagaman Individu Siswa dalam KBK. Jakarta: Quantum Teaching.
Utami Munandar, Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Anak Berbakat, Jakarta: PT. Gramedia, Pustaka Utama, 2002.
UU Sisdiknas. 2005. Pasal 40 Ayat 2. Sisdiknas, Surabaya; Media Center.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ