Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Bidang Studi Al Islam Dengan Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Kontekstual di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5450Keywords:
Konstruktivistik Kontekstual, Pemahaman Bidang Studi Al-IslamAbstract
Masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk bidang studi al-Islam, tentu saja tidak relevan. Mereka beralasan metode ini lebih mudah dilaksanakan. Pemecahan masalah pendidikan dengan kondisi di lapangan saat ini seperti tersebut di atas, Â sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai pembaharuan, antara lain dengan pelatihan dan peningkatan kompetensi guru.
Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan dengan menekankan adanya niat yang tinggi untuk bertindak memecahkan masalah dan menyempurnakan situasi. Ini merupakan pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan, dan terjadi dalam sebuah kelas.
Berdasarkan penelitian pada siklus 1, 2 dan 3 diperoleh simpulan sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kontruktivistik yang kontekstual selama tiga siklus mengalami peningkatan. Padasiklus I yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 2,41 dengan kategori baik, siklus II : 2,93 dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 3,00 dengan kategori baik; 2. Aktivitas guru selama pembelajaran selama tiga siklus, 2. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 60%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,89% danpadasiklus III menurun menjadi 86,67%, 3. Respon siswa pada penerapan model pembelajaran kontruktivistik yang kontekstual dengan media patung manusia, air dan debu padamateri wudhu, tayamum dan mandi wajib yaitu dengan banyaknya siswa yang menjawab setuju sebesar 82,86 %.
References
Asrori & Rusman. 2020. Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada
Asrori. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI: Teori Aplikaif. Surabaya: UM Surabaya Press
Dave Maier. 2000. The Accelerated Learning. New York: Mc.Graw-Hill
Jamaluddin. 2001. Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Bagian Proyrk EMIS Perguruan Agama Islam Tingkat Dasar
Sikidin & dkk. 2005. Metodologi Penelitrian. Surabaya: Insan Cendikia
Sutrisno Hadi.1994. Metodologi Research II. Yogyakarta: UGM, 1994
Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri
Zahorik, John A. 1995. Construvtivist Teaching. Bloomington, Indiana: Phi-Delta Kappa Educational Foundation
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ