Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Bidang Studi Al Islam Dengan Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik Kontekstual di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Authors

  • Amrozi Amrozi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asrori Asrori Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5450

Keywords:

Konstruktivistik Kontekstual, Pemahaman Bidang Studi Al-Islam

Abstract

Masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional untuk bidang studi al-Islam, tentu saja tidak relevan. Mereka beralasan metode ini lebih mudah dilaksanakan. Pemecahan masalah pendidikan dengan kondisi di lapangan saat ini seperti tersebut di atas,  sebenarnya telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai pembaharuan, antara lain dengan pelatihan dan peningkatan kompetensi guru.

Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian yang dilakukan dengan menekankan adanya niat yang tinggi untuk bertindak memecahkan masalah dan menyempurnakan situasi. Ini merupakan pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan, dan terjadi dalam sebuah kelas.

Berdasarkan penelitian pada siklus 1, 2 dan 3 diperoleh simpulan sebagai berikut: Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kontruktivistik yang kontekstual selama tiga siklus mengalami peningkatan. Padasiklus I yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 2,41 dengan kategori baik, siklus II : 2,93 dengan kategori baik, dan siklus III sebesar 3,00 dengan kategori baik; 2. Aktivitas guru selama pembelajaran selama tiga siklus, 2. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 60%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,89% danpadasiklus III menurun menjadi 86,67%, 3. Respon siswa pada penerapan model pembelajaran kontruktivistik yang kontekstual dengan media patung manusia, air dan debu padamateri wudhu, tayamum dan mandi wajib yaitu dengan banyaknya siswa yang menjawab setuju sebesar  82,86 %.

References

Asrori & Rusman. 2020. Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada

Asrori. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI: Teori Aplikaif. Surabaya: UM Surabaya Press

Dave Maier. 2000. The Accelerated Learning. New York: Mc.Graw-Hill

Jamaluddin. 2001. Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Bagian Proyrk EMIS Perguruan Agama Islam Tingkat Dasar

Sikidin & dkk. 2005. Metodologi Penelitrian. Surabaya: Insan Cendikia

Sutrisno Hadi.1994. Metodologi Research II. Yogyakarta: UGM, 1994

Wina Sanjaya. 2005. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana

Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri

Zahorik, John A. 1995. Construvtivist Teaching. Bloomington, Indiana: Phi-Delta Kappa Educational Foundation

Published

2020-07-20

Issue

Section

Editorials