Gerakan Lamongan Menghafal Al-Qur’an (Study Implementasi Kebijakan Bupati Lamongan Nomor 5 Tahun 2013 Di Sdn Tlanak II Kedungpring Lamongan)
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4301Abstract
AbstractSebagaimana tujuan pendidikan Islam bahwa untuk menciptakan insan kamil
yang pada akhirnya akan mencapai tugas pokok dan fungsi manusia sebagai
kholifah dan abdun dimuka bumi,maka untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan
penguatan pendidikan Agama Islam.Dalam era otonomi daerah ini maka banyak
daerah yang membuat kebijakan-kebijakan bidang pendidikan untuk
pengembangan SDM di wilayahnya baik dalam hal pendidikan umum maupun
Pendidikan Agama Islam. Termasuk wilayah kajian penelitian ini untuk
menciptakan suasana religius dan dalam rangka penguatan pendidikan Agama
Islam di Kabupaten lamongan maka penelitian ini mengarah pada kebijakan
Peraturan Bupati Lamongan Nomor 5 Tahun 2013 tentang Gerakan Lamongan
Menghafal Al-Qur’an atau disingkat GLM.Gerakan ini telah menjadi salah satu
program andalan bidang pendidikan Agama Islam di Kabupaten Lamongan, GLM
juga sangat banyak memberi manfaat dan tujuan utamanya adalah pembinaan
mental spiritual bagi generasi muda di Kabupaten Lamongan. Program ini
sekaligus mewajibkan bagi siswa SD, SMP dan SMA sederajat di Lamongan
untuk menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an juz 30. Salah satu sasaran lembaga
Sekolah yang ada di Kabupaten laongan dalam mengimplementasikan kebijakan
tersebut adalah SDN Tlanak II yang berada di kecamatan Kedungpring Kabupaten
Lamongan. Dalam penelitian ini akan di deskripsikan sesuai rumusan masalah
dalam penelitian ini dari mulai proses implementasi, evaluasi sampai dampak dan
implikasi yang muncul setelah melaksanakan program Gerakan Lamongan
Menghafal Al-Qur’an di SDN Tlanak II.
Kata Kunci : Kebijakan, Gerakan Lamongan Menghafal Al-Qur’an (GLM)
Downloads
Published
2020-02-13
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ