Implementasi Media Flashcard Dengan metode Beyond Center And Circle Time Untuk menghafal huruf hijaiyah pada Siswa tuna grahita di Smplb Muhamadiyah kertosono
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i2.4285Abstract
AbstrakAnaktunagrahitaadalahanak yang memilikiintelegensidibawah rata-rata
dan disertaidenganketidakmampuandalamadaptasiperilaku yang munculdalam
masa perkembangan. Sehinggamembutuhkansebuahmetodepengajaran yang
sesuai. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanamenerapkan media
flashcarddenganmetodebeyond center and circle
timeuntukmenghafalhurufhijaiyah di SMPLB MuhamadiyahKertosono. Â
Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatif,
denganmenggunakanteknikpengumpulan data wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkananalisis data dilakukanmulaidarimereduksi data,
penyajian data, dan menarikkesimpulan.
Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwa, pengajaranmenggunakan media
flascard dan metode BBCT memberikanhasil yang positif. Hal inidapatdilihat
,anaktunagrahitakelas VII di SMPLB MuhamadiyahKertosonobisamembaca dan
menghafalkanhurufhijaiyah. keterlibatan orang
tuadalamteraphimerupakanfaktorpenting dan
merupakanbagiandaripenentukeberhasilan program
intervensidiniuntukanaktunagrahita,
karenaanakmenghabiskansebagianbesarwaktunyadirumahdengan orang tua,
tentuiniadalahkeuntunganbuat sang anakjika orang tuaterlatihatau minimal
memahamiteknik BBCT yang dikembangkan oleh pihaksekolah. Jika orang
tuaikutterlibataktifdalammengoptimalkankecepatananakbelajar dan
pengembanganatauimplementasiketrampilanbaru di
rumahtujuanpendidikanakanlebihtercapaisecaramaksimal.
Kata kunci: Beyond Center and Circle Time, Tunagrahita, Flashcard, Hijaiyah.
Downloads
Published
2020-02-12
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ