Penerapan Metakognitif Dalam Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v8i1.3045Abstract
AbstrakDalam arti yang lebih substansial, proses pembelajaran diharapkan mampu
memperluas keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan
mengintensifkan kemampuan metakognitifnya. Pertanyaan yang muncul untuk
dikaji adalah 1) bagaimana penerapan metakognitif dalam pembelajaran. 2)
bagaimana peran media pembelajaran, 3) bagaimana penerapan metakognitif
dalam media pembelajaran. Pentingnya penerapan metakognisi dalam
pembelajaran telah dilaporkan oleh beberapa peneliti, salah satunya menurut
Livingston (1997) metakognisi memiliki peranan penting dalam keberhasilan
belajar, oleh karena itu penting mempelajari aktivitas dan pengembangan
metakognisi untuk menentukan bagaimana siswa dapat diajar sehingga mereka
dapat menerapkan sumber-sumber pengetahuan dengan lebih baik melalui
pengontrolan metakognisinya. Pengembangan kecakapan metakognisi pada siswa
merupakan suatu tujuan pendidikan yang sangat berharga, karena kecakapan itu
dapat membantu mereka menjadi pelajar yang dapat mengatur diri sendiri dan
bertanggung jawab terhadap kemajuan belajar diri sendiri serta beradaptasi
terhadap strategi belajar untuk mencapai tuntutan tugas. Langkah pelaksanaan
metakognitif dalam pembelajaran berdasarkan John Flavell adalah 1) aktivitas
merencanakan, 2) menyusun tujuan, 3) evaluasi dan monitoring proses ( refleksi ),
4) menyusun strategi.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian peserta didik sehingga proses belajar peserta didik terjadi dan
dapat mendorong peserta didik belajar lebih baik pada dirinya. Pemanfaatan
media pembelajaran seharusnya bagian yang harus mendapatkan perhatian guru
sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran, oleh karena itu pendidik
perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat
mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Â
Kata Kunci: Metakognitif, Media Pembelajaran
Downloads
Published
2019-07-11
Issue
Section
Editorials
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ