Manusia Sebagai Makhluk Pedagogis Dalam Filsafat Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Muhammad Haidar Nashir Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Manusia dalam Islam memiliki potensi dididik sekaligus mendidik atau pedagogi, bakat dan lingkungannya merupakan dua garis konveirgensi yang memperjuangkaan pengembangan manusia, selain itu juga sebagai makhluk yang dapat berkembang dan berpendidikan, manusia juga membutuhkan pendidikan untuk mengembangkan dirinya. Karena manusia pada hakekatnya memiliki kemampuan untuk mengetahui tingkat tertinggi, sekaligus menempatkannya sebagai makhluk individu, sosial dan budaya yang tumbuh dan berkembang pada budaya secara keseluruhan, termasuk pendidikan dan juga sebagai manusia memiliki kemampuan rasional, dari kemampuan rasional yang bisa dipelajari manusia dari apa yang dilihatnya. Manusia dengan potensi tersebut dapat mengembangkan dirinya sebagai abdulloh dan kholifatulloh yang memiliki keunggulan dari makhluk lain.

References

Ahmadi. "Ideologi-Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentri". Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, (2020)

Andani, K. "Divine Simplicity and the Myth of Modal Collapse: An Islamic Neoplatonic Response".

European Journal of Analytic Philosophy, 18(2), 1-34. (2022)

Abdullah, M. A. ”Islamic religious education based on religious intersubjectivity: Philosophical

perspectives and phenomenology of religion". Jurnal Pendidikan Agama Islam, *19*(1), 142

164. (2022)

Al-Attas, M. A. "Konsep Pendidikan Dalam Islam". Bandung: Mizan. (1992)

Amirudin, N. "Filsafat Pendidikan Islam Konteks Kajian Kekinian". Gresik: Caremedia Communication. (2018).

Alsuhaymi, A. O., & Atallah, F. A. "Reason and Revelation in Ibn Taymiyyah’s Critique of

Philosophical Theology: A Contribution to Contemporary Islamic Philosophy of Religion". Religions, 16(7), 809. (2025).

Arifin, S. "Islamic religious educationi and radicalism ini Indonesia: strategyi of de-radicalizationi through strengtheningi the living values ieducation", (IJIMS). Indonesia Journal of Islam and Muslim Societies, 86. (2016).

Arifin, S., Mughni, S. A., & Nurhakim, M. "The Idea of Progress Meaning and Implication of Islam Berkemajuan in Muhammadiyah". Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies, 2. (2022).

Admin, admin, & Yusuf S., MA. "Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang

Pendidikan Islam". Tamaddun , 1–29. (2017)

Bhat, A. M., & Bisati, A. A. "Rationality in the Qur'an: Integrating reason and revelation for contemporary Islamic education". Dirasah: International Journal of Islamic Studies, *3*(1), 1–17. (2025).

Biyanto. "Pluralismi in The Perspectivei of Semitic Religions". Indonesia Journal of Islam and Muslim Societies (IJIMS), 2. (2025).

Dani, A. R., Endang, & Wasriah, A. "Metode Penulisan Karya Ilmiah". Bandung: Laboratorium PKn UPI. (2025).

Freire, P. "Politik Pendidikan; Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan (peterj. Agung Prihantoro dan Fuad Arif Fudiyartanto)". Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2007).

Kasno, K., Wibawa, N. H. H. P., & Fata, A. K. "From God to humanity: Reconstruction of Islamic

theology in contemporary era". Journal of Dharma: Dharmaram Journal of Religions and

Philosophies, *48*(4),

429–448. (2023).

Kemenag, R. "Al-Qur'an Tikrar". Bandung: Sugma Creative Media Corp. (2014).

Moleong, L. J. "Metodologi Penelitian Kualitatif". Bandung: Remaja Rosdakarya. (2005).

Maky, A. Y. H., & Khojir. "Nilai Pendidikan Islam dalam Perspektif Islamisasi dan Integrasi Ilmu

(Ismail Raji Al Faruqi, Syed Muhammad Naquib Al Attas, Amin Abdullah)". Cross

border, *4*(2), 732–750. (2021).

Mubaroq, AI, Maulana, A., Basri, H., & Sya'bani, MEI. "Konsep Pendidikan Islam Dalam

Perspektif Kiai Haji Ahmad Dahlan". Tamaddun , 20 (2), 91–102. (2020).

Nazir, M. "Metode Penelitian". Jakarta: Ghalia Indonesia. (1983)

Oneil, W. F. "Ideologi-Ideologi Pendidikan (terj. Omi Intan Naomi)". Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2001).

Othman, A. I. "The Concept of Man in Islam: In The Rwitings of Ghazali". Jakarta: Gema Insani. (2013).

Rosidin. "Konsep Andragogi Dalam Al-Qur'an Sentuhan Islami Pada Teori Dan Praktik Pendidikan Orang Dewasa". Malang: Litera Ulul Albab. (2013).

Tobroni, & Arifin, S. "Islam dan Pluralisme Budaya dan Politik". Yogyakarta: SI Press. (2013).

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles