Implementasi Tahsinul Kitabah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ibrah Gresik
Abstract
Pengajaran Bahasa Arab, terutama di sekolah dasar berbasis islami, memainkan peran penting dalam membantu siswa memahami ajaran Islam dari teks aslinya. Meskipun pembelajaran bahasa Arab umumnya lebih fokus pada membaca dan menghafal, keterampilan menulis, atau Kitabah, sering kali terabaikan, yang mengakibatkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis huruf Arab dengan tepat. Penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan metode Tahsinul Kitabah untuk mengatasi kendala ini. Metode ini melibatkan berbagai tahapan pembelajaran yang berfokus pada latihan penulisan huruf Arab dengan benar, serta penyertaan alat bantu seperti media digital dan kegiatan mewarnai untuk meningkatkan motivasi siswa. Pengamatan di SDIT Al Ibrah Gresik menunjukkan bahwa siswa yang berlatih secara teratur mengalami kemajuan, meskipun beberapa masih memerlukan arahan tambahan dari guru. Meski penerapan metode ini sudah berjalan baik, tantangan seperti kurangnya dukungan orang tua dan waktu belajar yang terbatas masih mempengaruhi hasil pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Tahsinul Kitabah menjadi solusi potensial untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab dan merekomendasikan kegiatan tambahan di luar jam sekolah untuk memperkuat pembelajaran.
References
Amirudin, N. (2023). The design of Islamic worldview in preventing radicalism at the University of Muhammadiyah Gresik. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 93-105.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, F. D., & Amirudin, N. (2023). IMPLEMENTASI METODE BIL QALAM DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 259-266.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Amirudin, N. (n.d.). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.
Anas, M. C. (2022). Aplikasi Metode Abajadun dan Tahsinul Kitabah dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab : Studi Kasus di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an PP. Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), 213–224. https://prosiding.iai-tribakti.ac.id/index.php/psnp/article/view/78
Astina, C., & Toyibah, T. (2021). Penggunaan Media Permainan “Spelling Bee” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 233–255. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1625
Hasbullah, A. R., & Makhisoh, I. (2024). Tahsin al-Kitabah and al-Khat al-Araby Learning Innovations in the Digital Era. Asalibuna, 7(02), 14–33. https://doi.org/10.30762/asalibuna.v7i02.2011
Latifah, U., & Amirudin, N. (2024). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 7(1), 20. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i1.2956
Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamica Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index
Waton, M. N., Humairoh, Z., & Sholichah, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Kitab Tahaji Untuk Meningkatkan Tahsinul Kitabah Kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang. Abnauna: Jurnal Pendidikan Anak, 03(01), 51–59.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Aminah , Ode Mohammad Man Arfa Ladamay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

