Implementasi Tahsinul Kitabah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ibrah Gresik

Authors

  • Siti Aminah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Mohammad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pengajaran Bahasa Arab, terutama di sekolah dasar berbasis islami, memainkan peran penting dalam membantu siswa memahami ajaran Islam dari teks aslinya. Meskipun pembelajaran bahasa Arab umumnya lebih fokus pada membaca dan menghafal, keterampilan menulis, atau Kitabah, sering kali terabaikan, yang mengakibatkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis huruf Arab dengan tepat. Penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan metode Tahsinul Kitabah untuk mengatasi kendala ini. Metode ini melibatkan berbagai tahapan pembelajaran yang berfokus pada latihan penulisan huruf Arab dengan benar, serta penyertaan alat bantu seperti media digital dan kegiatan mewarnai untuk meningkatkan motivasi siswa. Pengamatan di SDIT Al Ibrah Gresik menunjukkan bahwa siswa yang berlatih secara teratur mengalami kemajuan, meskipun beberapa masih memerlukan arahan tambahan dari guru. Meski penerapan metode ini sudah berjalan baik, tantangan seperti kurangnya dukungan orang tua dan waktu belajar yang terbatas masih mempengaruhi hasil pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Tahsinul Kitabah menjadi solusi potensial untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab dan merekomendasikan kegiatan tambahan di luar jam sekolah untuk memperkuat pembelajaran.

References

Amirudin, N. (2023). The design of Islamic worldview in preventing radicalism at the University of Muhammadiyah Gresik. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education, 93-105.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (1994). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, F. D., & Amirudin, N. (2023). IMPLEMENTASI METODE BIL QALAM DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 259-266.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Amirudin, N. (n.d.). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

Anas, M. C. (2022). Aplikasi Metode Abajadun dan Tahsinul Kitabah dalam Pembelajaran Kaligrafi Arab : Studi Kasus di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an PP. Mambaul Maarif Denanyar Jombang. IAI Tribakti Prosiding Dan Seminar Nasional, 1(1), 213–224. https://prosiding.iai-tribakti.ac.id/index.php/psnp/article/view/78

Astina, C., & Toyibah, T. (2021). Penggunaan Media Permainan “Spelling Bee” Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 233–255. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1625

Hasbullah, A. R., & Makhisoh, I. (2024). Tahsin al-Kitabah and al-Khat al-Araby Learning Innovations in the Digital Era. Asalibuna, 7(02), 14–33. https://doi.org/10.30762/asalibuna.v7i02.2011

Latifah, U., & Amirudin, N. (2024). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 7(1), 20. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v7i1.2956

Rathomi, A. (2020). Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiya Islamica Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. http://ojs.iaisambas.ac.id/index.php/Tarbiya_Islamica/index

Waton, M. N., Humairoh, Z., & Sholichah, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Kitab Tahaji Untuk Meningkatkan Tahsinul Kitabah Kelas 2 MI Kebokicak Dapurkejambon Jombang. Abnauna: Jurnal Pendidikan Anak, 03(01), 51–59.

Published

2025-09-04

Issue

Section

Articles