Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Kegiatan Keagamaan di SD Mutiara Sunnah Gresik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan keagamaan di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di Home Schooling SD Mutiara Sunnah Gresik dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang diberikan guru, baik secara verbal melalui nasihat, pujian, penguatan positif, maupun secara nonverbal melalui keteladanan ibadah, memberikan dampak nyata terhadap perubahan sikap siswa. Siswa yang sebelumnya pasif dan kurang berminat mulai menunjukkan peningkatan kehadiran dalam kegiatan dzikir pagi, shalat dhuha, muraja’ah hafalan, serta tahsin Al-Qur’an. Selain itu, kualitas bacaan dan hafalan siswa juga mengalami peningkatan, disertai tumbuhnya kesadaran religius yang lebih mendalam. Hal ini membuktikan bahwa peran guru sebagai motivator tidak hanya mampu mendorong keterlibatan siswa secara aktif, tetapi juga menumbuhkan dorongan internal untuk menjalankan kegiatan keagamaan dengan ikhlas dan konsisten.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Rachmawati, Hasan Basri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

