Peran Penggunaan Buku Penghubung Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di Homeschooling SD Mutiara Sunnah Gresik

Authors

  • Tsania Ayu Mutiarani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Syabani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan buku penghubung dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di Homeschooling SD Mutiara Sunnah Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku penghubung berperan penting dalam membantu siswa membiasakan diri bersikap disiplin, seperti mencatat tugas, melaporkan kegiatan, serta bertanggung jawab terhadap kewajiban sehari-hari. Selain itu, buku penghubung juga memudahkan komunikasi antara guru dan orang tua dalam memantau perkembangan anak. Meskipun terdapat tantangan berupa kurang konsistennya orang tua dalam menandatangani atau siswa yang lupa membawa buku, hal tersebut dapat diatasi melalui kesadaran, pengingat rutin, dan motivasi bersama. Dengan demikian, buku penghubung tidak hanya menjadi media komunikasi, tetapi juga instrumen dalam pembentukan karakter disiplin siswa.

References

Anggraeni, C., & Mulyadi, S. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab di ra daarul falaah tasikmalaya. 5(1), 100–109.

Ani, R. A., & Suyanto, A. (2023). Implementasi Program Daily Report Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 3B.

Baihaqi, H. M., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Wasliyah, A., & Binjai, K. (2022). MUKASI : Jurnal Ilmu Komunikasi Sosialisasi Guru Madrasah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pelajar di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Tanjung Tiga. 1(4), 331–338. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i4.1272

Hanik, E. U., Istiqomah, N., Hanifah, A. N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Civil Officium : Journal of Empirical Studies on Social Science Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar ( Instilling the Disciplinary Character Values in Improving Learning Outcomes of Elementary School Students ). 14–19.

Henny, Marwah, Arifin, R., & Rachmi, T. (2024). Peningkatan Peran Orang Tua dalam pendidikan Anak Usia Dini: Analisis Workshop di Desa Winning. Ceria: Jurnal Pendidikan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(3)(3), 315–334.

Karlina, M., & Wea, E. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Manfaat Buku Penghubung Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. 3, 382–398. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/fip/index

Listari, M., Tabroni, I., & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. Journal of Islamic Elementary Education, 4(September). https://doi.org/https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944

Nafisah, Sobry, M., & Huda, K. (2023). Sinergitas Peran Guru dan Orang Tua Dalam Meningkatkan. Semesta: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 63.

Nasution, D. H., Akbar, S., & Yuniastuti, Y. (2021). Pengembangan Model Strategi Komunikasi Berbantuan Buku Penghubung untuk Mengontrol Kegiatan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1695. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15113

Pandang, A., Torro, S., Amaliyah, N., & Bahriaty, S. (n.d.). Studi Literatur : Model Pendidikan Karakter Berbasis Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Disiplin Peserta didik di SDN 09 Bungku. 68–74.

Pardosi, J. (2023). Efektifitas Buku Penghubung dalam Upaya Peningkatan Disiplin Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 470–475. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.612

Prameswari, A. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA BUKU PENGHUBUNG DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI MI ROUDLOTUL UQUL GENENGAN KABUPATEN MALANG (Vol. 5, Issue 8.5.2017). UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Prasetya, poppy pritasari, Sileuw, M., & Efendi, D. (2025). STRATEGI INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDIT QURROTA A’YUN ABEPURA KOTA JAYAPURA MELALUI ISLAMIC CULTURE. 4(1), 129–143. https://doi.org/10.15575/ta.v4i1.44922

Rafifah, helvy fitri. (2022). Kolaborasi orang tua dan guru dalam menanamkan nilai - nilai religius pada anak di sdit khoiru ummah. institut agama islam negeri (IAIN) CURUP.

Rochmiyati, S., Putro, D. B. W., & Lestari, E. (2021). The Implementation Of Discipline And Responsibility Through Procedure Texts In High Schools Studentsâ€TM Textbooks. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 2(2), 23–30. https://doi.org/10.30738/tijes.v2i2.9939

Rofiatun Nisa’, & Eli Fatmawati. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Ibtida’, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147

Rostina. (2017). Influence of the Use of Parent-Teacher Liaison Book on the. Pengaruh Penggunaan Buku Penghubung Guru-Orangtua Terhadap Efektivitas Komunikasi Pembelajaran Siswa Di Sd Inpres Parang Kota Makassar, 2.

Sari, W., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Buku Penghubung sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orang Tua tentang Perkembangan Ibadah Anak. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.310

Sofia, E. M., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820

Wulandari, D., Yulia, Y., Havifah, B., Khosiyono, C., & Mutiah, T. (2023). Analisis Pendidikan Karakter Disiplin melalui Pembiasaan Pada Siswa Sekolah Dasar Analysis of Discipline Character Education through Habituation in Elementary School Students. 14(2), 85–93.

Published

2025-08-09

Issue

Section

Articles