Integrasi Nilai - Nilai Islam dalam Kegiatan Harian Sekolah di SD Alam Muhammadiyah Madani Kedanyang

Authors

  • Ahnaf Ridlo Sanalifiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pendidikan menjadi dasar penting dalam membentuk kepribadian dan karakter anak-anak bangsa. Penelitian ini mencoba menemukan cara-cara menggabungkan nilai-nilai Islam dalam kegiatan belajar di SD Alam Muhammadiyah Madani Kedanyang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen yang melibatkan beberapa sumber informasi, seperti guru dan wakil kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam sudah diterapkan melalui berbagai kegiatan pagi, seperti berdoa bersama, berjamaah shalat, merayakan hari besar agama, serta aktifitas sedekah di hari Jumat, Jumat bersih, dan infaq filantropis. Di samping itu, nilai-nilai Islam juga disisipkan dalam materi pelajaran dengan mengaitkan pelajaran dengan prinsip agama, seperti pentingnya doa, etika, dan kedisiplinan di dalam kelas. Tantangan yang dihadapi meliputi perbedaan latar belakang siswa dan kurangnya dukungan dari orang tua. Maka dari itu, kerja sama yang baik antara guru dan orang tua sangat penting.

References

Adawiah, R., & Robbaniyah, Q. (2024). Urgensi Belajar dalam Surah Al-‘Alaq Ayat 1-5 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir. IJER: Indonesian Journal of Educational Research, 1(1), 38–51.

Haryono, E. (2021). Metodologi penelitian kualitatif di Perguruan Tinggi Keagamaaan Islam. E-Journal an-Nuur: The Journal of Islamic Studies, 13, 1–6.

Ika, Fauzi Syifani, & Ariadi Saputra. (2024). Eksplorasi Teologis Dalam Ilmu Pengetahuan Prespektif Agama Dan Sains. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2(1), 75–83.

Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60

JASMANA, J. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Mei, S. P., Zailani, Z., & Pohan, S. (2024). Analisis dan Strategi Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kepatuhan Peserta Didik pada Nilai-Nilai Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4471–4484.

Muthi’ah Lathifah, & Yakobus Ndona. (2024). Peran Pendidikan Dalam Membangun Kemanusiaan Yang Beradab. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 184–193. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3764

Nurhikmah, Nuraini, I., Yusrianti, & Adiansha, A. A. (2025). Analisis Penerapan Metode Pembiasaan Baik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Min 3 Bima. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 22–27. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i5.4

Putri, S. A. F., & Wiranata, I. H. (2025). Peran Strategis Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Moral Pelajar. Jurnal Prosiding Konseling Kearifan Nusantara, 563–576.

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.96

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Sri Hafizatul Wahyuni Zain, Erna Wilis, Syarkani, & Herlini Puspika Sari. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215. https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i4.365

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles