Pengaruh Minat Belajar Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 1 Kebomas Gresik
Keywords:
Minat Belajar, Bahasa Arab, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Arab siswa SD Muhammadiyah 1 Kebomas Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 hingga kelas 6, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar dan dokumentasi nilai rapor untuk prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan teknik statistik korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 70,3%, di mana indikator perhatian peserta didik merupakan yang tertinggi dan keterlibatan peserta didik paling rendah. Prestasi belajar Bahasa Arab sebagian besar siswa berada pada kategori baik (46,7%) dan cukup (26,7%). Analisis korelasi menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 41,6%. Kesimpulannya, minat belajar menjadi faktor utama yang memengaruhi prestasi belajar Bahasa Arab siswa. Penelitian ini merekomendasikan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan menumbuhkan minat belajar intrinsik, serta penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi prestasi belajar.
References
Ahmad Rathomi Aswan. (2023). Mengidentifikasi minat belajar bahasa Arab pada siswa. Tarbiya Islamica, 10(2), 81–88.
Ahyan Yusuf Sya’bani, M. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Nilai. Tamaddun, 2018.
Aminah, Hda A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Amirudin, N. (2014). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Plant Physiology.
Amirudin, N. (2019). Problematika pembelajaran PAI di era digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baihaqi, M. A., Basri, H., Fungsi, ;, Sebagai, S., Belajar, S., Pelajaran…, M., & Alfin Baihaqi, M. (2023). Fungsi Smartphone Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Muhammadiyah 3 Ujungpangkah. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 2023.
Bea Hana Aulia, R. P., Prihatin, J., & Siswati. (2023). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Keberhasilan Belajar Siswa Dengan Penerapan Buku Ajar Elektronik Sistem Ekskresi Berbasis Brain-Based Learning (BBL) Dilengkapi Video Dan Diagram Roundhouse. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 11–17.
Faza Ajeng Rizqiya, et al. (2025). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi: Kombinasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Untuk Kesuksesan Akademis. Nusantara Educational Review, 3(1), 62–68.
Ghufran Hasyim Achmad. (2021). Kedudukan Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam. Yasin, 1(2), 246–261.
Hidayat, A. (2020). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa. Jurnal Pendidikan Dasar.
Koderi Koderi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Peserta Didik. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10(01).
Marinu Waruwu, et al. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932.
Muhammad Ainun, et al. (2025). Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Di SMP Negeri 2 Mataram). SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 2(1), 920–927.
Mubaroq, A. I., Maulana, A., Basri, H., & Sya’bani, M. A. Y. (2022). Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kh. Ahmad Dahlan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan.
Nikmatus Sakdiah & Fahrurrozi Sihombing. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Sastra Arab. Jurnal Sathar: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 35.
Norlaila Norlaila. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV Di MIN 3 Balangan. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(6), 2539.
Novia Nurhayati, et al. (2025). Correlational Research (Penelitian Korelasional). Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 8–12.
Nurkholis. (2021). Pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa MTs. Jurnal Pendidikan Islam.
Putri, R. D. (2020). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD.
Shodiq, M. N., & Basri, H. (2020). Implementasi Mata Pelajaran Kitabah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Arab Gundul. Jurnal Pendidikan Islam.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W. S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Zaini, A. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa PAI. Jurnal Edukasi Islami.
Zulhamsyah. (2024). Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, dan Islami (PAIKEMI) Pada Pembelajaran PAIAT. KHIDMAT: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurindah Rahmahnita Damayanti, Noor Amirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

