Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa SD Plus Muhammadiyah Pancor

Penulis

  • Nuryana Nuryana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ode Mohamad Man Arfa Ladamay Universitas Muhammadiyah Gresik

Kata Kunci:

Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual

Abstrak

Artikel ini mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SD Plus Muhammadiyah Pancor. Kecerdasan spiritual merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berkontribusi pada pembentukan karakter dan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, serta dampaknya terhadap perkembangan pribadi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, motivator, dan teladan yang efektif. Mereka mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kurikulum melalui kegiatan pembelajaran yang interaktif dan partisipatif, seperti diskusi, praktik ibadah, dan kegiatan sosial. Selain itu, guru juga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan spiritual siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa peran aktif guru PAI sangat penting dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa, yang pada gilirannya berkontribusi pada pembentukan karakter yang baik dan kesadaran sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan praktik pendidikan di sekolah-sekolah Islam.

Referensi

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106-125

Rahayu, R. F. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembalajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 18-

Farlina, A., & Yusminar, Y. (2020). Implementasi model pembelajaran cooperative tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa kelas vii smpn 6 sarolangun pada materi sejarah. Journal of Social Knowledge Education, 1(1), 6-10.

Alimni, A. (2018). Analisis Sosiologi Perubahan Kurikulum Madrasah 2013. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 181-190.

Amin, A. (2015). Metode pembelajaran agama Islam. Bengkulu: Vanda Marcom.

Putra, K. A. S., & Latrini, M. Y. (2016). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, komitmen organisasi terhadap kinerja auditor. E-Jurnal Akuntansi, 17(2), 1168-1195.

Muliartini, N. W., & Jati, I. K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Faktor Situasional Pada Keputusan Etis Konsultan Pajak. E-Jurnal Akuntansi, 28(3), 1866-1885.

Fitri, Ridho Nurul. 2016. “Pengaruh Pembentukan Karakter Dengan Kecerdasan Spiritual Di SMA Negeri 22 Palembang.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains 5, no. 1: 109–18. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/729

Aspahani, Eri. 2019. “Implementasi Pendidikan Holistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Gita Bangsa Panongan Tangerang.” Uinjkt.ac.id, http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47050.

Fasya, Ahmad Zaki. 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa di MI Unwanul Khairiyyah Depok.” Uinjkt.ac.id, https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62067.

Majid, Abdul. 2004. Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Pustaka Setia

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Basriham. 2023. “Pengaruh Peran Guru Dan Karakter Toleransi Peserta Didik Terhadap Moderasi Beragama Di SMPN 7 Kota Sawahlunto - Test Repository.” Umsb.ac.id, http://eprints.umsb.ac.id/1970/1/TESIS%20BASRIHAM.pdf.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: CV Alfabeta

Amirul, Hadi dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen (2006: Jakarta, PT Asa Mandiri),

Hawi, 2013. , Kompetensi Guru Pendidikan Islam. Jakarta:PT raja Perseda. Indonesia, Kementerian agama R Hlm: 9.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hal. 43.

Supardi dkk, Profesi Keguruan Berkompetensi dan Bersertifikasi, (Jakarta: UIN Jakarta

Press, 2009), hal. 13-23

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan Bahasa, (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, hal. 19.

Aminuddin, dkk, (2006), Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Graha Ilmu, hal. 93.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-25

Terbitan

Bagian

Articles