Implementasi Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di SD Muhammadiyah 1 Kebomas Gresik

Authors

  • Wildan Mukholladun Azka Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Metode Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penerapan metode Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Al-Islam di SD Muhammadiyah 1 Kebomas, dengan menitik beratkan pada peran guru, keterlibatan peserta didik, serta internalisasi nilai-nilai Islam dalam proses pembelajaran. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan karena mampu menggali pengalaman, makna, dan dinamika pelaksanaan PBL secara mendalam. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung di kelas, serta telaah dokumentasi yang relevan. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan guru pengampu Al-Islam dan siswa kelas atas sebagai partisipan inti. Hasil penelitian mengungkap tiga aspek penting. Pertama, guru berfungsi sebagai fasilitator yang mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuan melalui proses pemecahan masalah. Kedua, penerapan PBL meningkatkan keterlibatan siswa, baik dalam diskusi kelompok, kerja sama, maupun pengembangan kemampuan berpikir kritis. Ketiga, model ini terbukti efektif dalam menanamkan nilai-nilai Islami yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pembelajaran tidak hanya menyentuh ranah kognitif, tetapi juga membentuk karakter, keterampilan sosial, dan spiritualitas siswa. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan literatur tentang PBL dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar, sekaligus memberikan manfaat praktis bagi guru dan lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, partisipatif, dan berbasis nilai. Selain itu, penelitian ini relevan sebagai masukan kebijakan untuk memperkuat kurikulum berbasis karakter. Untuk penelitian mendatang, disarankan memperluas lingkup kajian pada sekolah dengan latar sosial-budaya yang beragam, agar diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas PBL dalam pembelajaran Al-Islam.

References

Abdul, latief, Abdul Latief, Ahmad Farihul Khuluq, Muhammad Arjuna Rinaldhi, Mirza Nur Hafifah, adatul Athiya, and Nur Asitah. “Optimalisasi Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di Era Digital.” Nusantara Educational Review 3, no. 1 (2025): 93–100. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.

Aprina, Eka Anisa, and Andi Suhardi , Erma Fatmawati. “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 4, no. 3 (2024): 981–90. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.832.

Ariadila Salsa, Silalahi Yessi, Fadiyah Firda, Jamaludin Ujang, and Setiawan Sigit. “Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Bagi Siswa.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 20 (2023): 664–69. https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970.

Basri, Ahmad Isa Mubaroq Aslich Maulana Hasan, and Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kh. Ahmad Dahlan.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6, no. 1 (2019): 1–13. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.812.

Creswell. JW. “Research Design: Pendekatan Kulaitatif, Kuantitatif Dan Mixed.” Pustaka Pelajar, 2015, 383.

Fajri, Ahmad Syamsul, Didin Ardian, Adit Adit, and Lalu Rizqi Zulfahmi. “Evaluasi Penggunaan Aplikasi Berbasis Web Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2, no. 1 (2024): 33–40. https://doi.org/10.30812/upgrade.v2i1.4240.

Heryandi, Yandi. “Problem Based Learning Dengan Strategi Konflik Kognitif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis” 7, no. 1 (2018). https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2887.

Howard S. Barrows, and Robyn M. Tamblyn. “Problem-Based Learning An Approach to Medical Education” 35, no. 8 (1981): 539–539. https://doi.org/10.5014/ajot.35.8.539b.

Islahuddin, M. “PERAN MATA KULIAH AIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALIS UNTUK MENCEGAH RADIKALISME AGAMA BAGI MAHASISWA

UNMUH GRESIK” 6, no. 1 (2022): 53–62. https://media.neliti.com/media/publications/220737- none.pdf.

Joko Suryanto, Triono Ali Mustofa. “INOVASI PEMBELAJARAN AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN BERBASIS IT UNTUK PENGEMBANGAN SEKOLAH UNGGULAN DI SMP MUHAMMADIYAH PK KOTA BARAT SURAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK SUKOHARJO,” 2023, 167–86.

Lathifah, Umma, and Triono Ali Mustofa. “Keselarasan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum ISMUBA Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP PK Muhammadiyah Kottabarat Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2024): 1413–24. https://doi.org/10.58230/27454312.585.

M. Alfin Baihaqi, Hasan Basri. “FUNGSI SMARTPHONE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH 3

UJUNGPANGKAH.” Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 24, no. 1 (2023): 34–38.

Melysa Sapriani Putri, Andiopenta Purba, Rasdawita. “PENERAPAN ASESMEN AUTENTIK TEKS PUISI KELAS VIII SMPN KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI TA 2021/2022.” J u r n a l L I T E R A S I 33, no. 1 (2022): 1–12.

Miranda, Sonya, Nur Ayu Hardinah, and Atika Okta Melisa. “Tinjauan Literatur: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA.” Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 6, no. 1 (2025): 167–79. https://doi.org/10.55241/spibio.v6i1.533.

Mufti, Umam, and Hendro Widodo. “Kurikulum ISMUBA Di SD Muhammadiyah Banguntapan.” Journal of Islamic Education and Innovation 2, no. 1 (2021): 85. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906.Nashihin, Husna. “KONSTRUKSI BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI WADAH INTERNALISASI

NILAI KARAKTER.” At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah 8, no. 1 (2019): 131–49.

Noor amiruddin. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Siswa Pada Siswa Kelas III Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta,” 2010.

Noor Amirudin. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA

DIGITAL” 3, no. 1 (2019): 12–28. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v3i1.1108. Rahmadani, Noviana Dwi, and Suyatno Suyatno. “Inovasi Pembelajaran Al-Islam Dan

Kemuhammadiyahan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah.” Jurnal Basicedu 8, no. 1 (2024): 825–

36. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7206.

Robbaniyah, Qiyadah, and Roidah Lina. “Konstribusi Pemikiran Abu Nida` Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner 1, no. 1 (2022): 23–34. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.10.

Siregar, Muhammad Sapril, Nasir Usman, and Niswanto Niswanto. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan).” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 11 (2023): 701–12. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.

Sukaca, Diva Intan Puteri, and Mohammad Zakki Azani. “Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tema Zakat Di Kelas X SMA

Muhammadiyah 1 Klaten.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2023): 862–71. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i2.245.

Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. “PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS TENTANG PENDIDIKAN ISLAM,” no. 1 (2014): 1–29.

Published

2025-03-09

Issue

Section

Articles