Pembiasaan Literasi Islam Dalam Menanamkan Nilai Religius Pada Siswa Melalui Kegiatan Morning Activity Di SD Almadany Kedanyang Gresik
Keywords:
literasi Islam, morning activity, nilai religius, pendidikan karakterAbstract
Pembiasaan literasi Islam merupakan kegiatan membaca dan memahami bacaan-bacaan Islami secara rutin dengan tujuan menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik. Literasi Islam tidak hanya berfokus pada membaca buku-buku bertema keislaman, tetapi juga memahami isi bacaan yang mengandung ajaran moral, akhlak, dan pengetahuan yang bermanfaat sesuai dengan tuntunan agama. Kegiatan literasi Islam di SD Alam Muhammadiyah Kedanyang dilaksanakan sebagai bagian dari program pembinaan keagamaan yang dirancang agar peserta didik terbiasa membaca, memahami, dan menginternalisasi nilai-nilai Islami sejak dini, sehingga membentuk karakter religius dalam diri mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi Islam dilaksanakan secara rutin setiap pagi melalui kegiatan morning activity dengan pola pembiasaan yang terstruktur, pendampingan guru, serta evaluasi berkala. Kegiatan ini memberikan pengaruh positif bagi peserta didik, terlihat dari sikap religius yang berkembang seperti kedisiplinan, sopan santun, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap sesama.Kesimpulannya, pembiasaan literasi Islam melalui morning activity di SD Alam Muhammadiyah Kedanyang berhasil menjadi sarana yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dan membentuk karakter religius peserta didik secara berkelanjutan.
References
Abdul, Wahid, Naemuddin Rusdi, Suhermanto Suhermanto, and Wafa Ali. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Di Sekolah: Perspektif Manajemen Pendidikan Islam.” Journal of Educational Management Research 1, no. 2 (2022): 82–94. https://doi.org/10.61987/jemr.v1i2.39.
Ahmad Rofiun Nizar, Ahmad Satriani Zamroni Putra, Azzam Chilmi Al-Fawwaz, Fitri Lusi Anggriani, Zainina Auliya Damayanti, Nur Asitah. “Strategi Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Luar Jam Sekolah: Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Era Digital.” Nusantara Educational Review. Vol. 3, 2025. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.
Alfiyah, Siti, and Bachtiar Hariyadi. “Internalisasi Pendidikan Akhlak Dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa Mi Perwanida Blitar.” Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2022): 110–33. https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6273.
Amirudin, Noor. “Peran Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik.” DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan 23, no. 1 (2016): 45–61. http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/129.
Azizah, Isnaini Nur, and Ratnasari Diah Utami. “Gerakan Literasi Keagamaan Sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar.” QUALITY 11, no. 1 (June 21, 2023): 51. https://doi.org/10.21043/quality.v11i1.19916.
Basri, Ahmad Isa Mubaroq Aslich Maulana Hasan, and Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Kh. Ahmad Dahlan.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6, no. 1 (2019): 1–13. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.812.
Brutu, D, S Annur, and I Ibrahim. “Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Jambura Journal of Educational …, no. September (2023): 442–53. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/3075%0Ahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/download/3075/896.
Creswell, John W. Design-Research-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-Mixed-Creswell_, 2010.
Faiza, Fika Nuzulul Nur, and Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani. “Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik Di Smp Muhammadiyah 7 Cerme Gresik.” Tamaddun 21, no. 2 (2020): 205. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.2116.
Fathoni, Rois, and Hasan Basri. “Pemanfaatan Handphone Android Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadadiyah 2 Gresik.” Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan 23, no. 1 (2022): 39–52.
Fatih, Muhamad, Rusydi Syadzili, and Buku Perguruan Tinggi. “Konsep Desain Pendekatan Ilmiah Pendidikan Agama Islam,” 2020.
Hafizatul Wahyuni Zain, Sri, Erna Wilis, and Herlini Puspika Sari. “IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an Dan Hadis,” 2024. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan.
Jannah, Babul, Lailatul Usriyah, Pgmi Pascasarjana, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, and Riwayat Artikel. “Ibtida’iy : Jurnal Prodi Pgmi Merangkai Masa Depan: Dinamika Dan Perkembangan Peserta Didik Di Era Modern Info Artikel Abstrak,” 2025. https://doi.org/10.31764.
Jumahir. “Penerapan Nilai-Nilai Praktik Budaya Keagamaan.” Repository Uin Datokaram, 2023, 1–280.
Khoiriyah. “Internalisasi Pendidikan Multikultural Di Pesantren.” Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2023): 070. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i1.1810.
Laraswati, Puji, and Muhammad Izman Herdiansyah. “Analisis Pengembangan Minat, Bakat, Dan Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Muara Sugihan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam,” 2019. https://doi.org/10.33087.
Lissa, Ayuni Martha. “Implementasi Pendidikan Akhlak Dan Sikap Kemandirian Pada Siswa Boarding School Di Sma Muhammadiyah plus Kota Salatiga.” Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS) 4, no. 1 (2023): 49–63. https://doi.org/10.62289/ijmus.v4i1.54.
M. Fathum Niam. Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional. Vol. 19, 2024.
Muhibah, Siti. “Model Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas Serang Raya.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 18, no. 1 (2020): 54–69. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.683.
Mulyana, Ana. “Tesis Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Siswa Di Mi Asy-Syifa Balikpapan Kalimantan Timur,” 2024.
Noor amiruddin. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Kenakalan Siswa Pada Siswa Kelas III Sd Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta,” 2010.
Nurhaliza, Siti. “Pendidikan Agama Islam Dan Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral Dan Sosial Siswa.” Integrated Education Journal. Vol. 1, 2024.
Rahmawati, Septiana. “Penerapan Literasi Digital Sebagai Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Peserta Didik Kelas X Di SMKN 1 Ponorogo,” no. Tesis (2020): 103.
Sholihah, siti aminatus, and Khoiriyah. “Literasi Keagamaan Sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2024): 19. https://doi.org/10.30659/jspi.7.2.19-39.
Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan, 2013.
Suhartanti, Ririn. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Remaja Melalui Kegiatan Pembacaan Kitab Al-Barzanji Di Desa Bajang Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo,” 2021.
Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Terhadap Siswa Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan,” 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Hanif Alfian, Suyoto Suyoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

