Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Di MI Muhammadiyah 02 Sedayulawas Gresik

Authors

  • Tantri Anggraeni Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Noor Amirudin Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Minat belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sering dianggap kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas 5 MI Muhammadiyah 02 Sedayulawas tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) melalui desain pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang disebarkan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan Quizizz, serta didukung oleh observasi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata minat belajar sebesar 4,88 poin setelah penggunaan Quizizz, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Pembelajaran interaktif melalui Quizizz terbukti lebih efektif dibandingkan metode ceramah konvensional karena melibatkan siswa secara aktif, menyenangkan, dan relevan dengan dunia digital mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran PAI, dan direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif di era teknologi saat ini.

References

Aditiyawarman, M. Andra, and others, ‘Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran’, Jurnal Penelitian, 7.1 (2022), pp. 24–36, doi:10.46491/jp.v7i1.840

Ahmad, Novita, Rosman Ilato, and Boby R Payu, ‘Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa’, Jambura Economic Education Journal, 2.2 (2020), pp. 70–79, doi:10.37479/jeej.v2i2.5464

Ali, Khairunnisa Hadji, Rafiud Ilmudinulloh, ‘Efektifitas Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Dalam Pembelajaran SKI Siswa Kelas 5 MIN 1 Minahasa’, Journal of Islamic Education Policy, 9.2 (2024), pp. 126–35 <https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/3392>

Anggraeni, Ni Ketut Pertiwi, and Rita Karmila Sari, ‘Pandangan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris [Students’ Views on the Utilization of Quizizz as an English Learning Media]’, Research and Development Journal of Education, 8.2 (2022), p. 762

Citra, Cahyani Amildah, and Brillian Rosy, ‘Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.2 (2020), pp. 261–72, doi:10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Elza Dwi Putri, ‘Pengertian : Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI )’, 2019

Ilma Siti Salamah, and others, ‘Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8.2 (2022), pp. 2045–57, doi:10.36989/didaktik.v8i2.513

Kalahatu, Marsye Fera, ‘Persepsi Peserta Pelatihan Dasar Terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Pembelajaran’, Akademika, 10.01 (2021), pp. 163–78, doi:10.34005/akademika.v10i01.1228

Madini, Deandra Khoiro, and others, ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 12 IPS Di SMAN 1 PAMARAYAN’, Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 6.2 (2023), pp. 993–1001, doi:10.33627/es.v6i2.1546

Muhammadiyah, Universitas, and others, ‘Pengunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1 (2023), pp. 1–12, doi:10.30596/jippi.v1i1.1

Muis, Andi Abd, and Sri Amaliah Pitra, ‘Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Parepare’, Jurnal Al-Ibrah, 10.1 (2021), pp. 189–222 <https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/788>

Pratiwi, Noor Komari, ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang’, Pujangga, 1.2 (2017), p. 31, doi:10.47313/pujangga.v1i2.320

Rahman, Abd, and others, ‘Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan’, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2.1 (2022), pp. 1–8

Rahmayanti, Vina, ‘Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1.2 (2016), pp. 206–16, doi:10.30998/sap.v1i2.1027

Salsabila, Unik Hanifah, and others, ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA’, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4.2 (2020), pp. 163–72, doi:10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, Dyan Puspita, and Rom Elah, ‘Penggunaan Aplikasi Quizziz Pada Evaluasi Pembelajaran Ismuba (Al-Islam) Di Sd Muhammadiyah 2 Sumberpucung’, Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6.2 (2022), pp. 202–08, doi:10.30651/sr.v6i2.14621

Published

2025-02-04

Issue

Section

Articles