Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Di MI Muhammadiyah 02 Sedayulawas Gresik
Abstract
Minat belajar siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sering dianggap kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital Quizizz terhadap minat belajar siswa kelas 5 MI Muhammadiyah 02 Sedayulawas tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) melalui desain pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang disebarkan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan Quizizz, serta didukung oleh observasi. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan rata-rata minat belajar sebesar 4,88 poin setelah penggunaan Quizizz, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Pembelajaran interaktif melalui Quizizz terbukti lebih efektif dibandingkan metode ceramah konvensional karena melibatkan siswa secara aktif, menyenangkan, dan relevan dengan dunia digital mereka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran PAI, dan direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif di era teknologi saat ini.
References
Aditiyawarman, M. Andra, and others, ‘Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran’, Jurnal Penelitian, 7.1 (2022), pp. 24–36, doi:10.46491/jp.v7i1.840
Ahmad, Novita, Rosman Ilato, and Boby R Payu, ‘Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa’, Jambura Economic Education Journal, 2.2 (2020), pp. 70–79, doi:10.37479/jeej.v2i2.5464
Ali, Khairunnisa Hadji, Rafiud Ilmudinulloh, ‘Efektifitas Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Dalam Pembelajaran SKI Siswa Kelas 5 MIN 1 Minahasa’, Journal of Islamic Education Policy, 9.2 (2024), pp. 126–35 <https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/jiep/article/view/3392>
Anggraeni, Ni Ketut Pertiwi, and Rita Karmila Sari, ‘Pandangan Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris [Students’ Views on the Utilization of Quizizz as an English Learning Media]’, Research and Development Journal of Education, 8.2 (2022), p. 762
Citra, Cahyani Amildah, and Brillian Rosy, ‘Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.2 (2020), pp. 261–72, doi:10.26740/jpap.v8n2.p261-272
Elza Dwi Putri, ‘Pengertian : Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI )’, 2019
Ilma Siti Salamah, and others, ‘Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8.2 (2022), pp. 2045–57, doi:10.36989/didaktik.v8i2.513
Kalahatu, Marsye Fera, ‘Persepsi Peserta Pelatihan Dasar Terhadap Penggunaan Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Pembelajaran’, Akademika, 10.01 (2021), pp. 163–78, doi:10.34005/akademika.v10i01.1228
Madini, Deandra Khoiro, and others, ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 12 IPS Di SMAN 1 PAMARAYAN’, Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 6.2 (2023), pp. 993–1001, doi:10.33627/es.v6i2.1546
Muhammadiyah, Universitas, and others, ‘Pengunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa’, Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan Islam, 1 (2023), pp. 1–12, doi:10.30596/jippi.v1i1.1
Muis, Andi Abd, and Sri Amaliah Pitra, ‘Peranan Internet Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Parepare’, Jurnal Al-Ibrah, 10.1 (2021), pp. 189–222 <https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/788>
Pratiwi, Noor Komari, ‘Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang’, Pujangga, 1.2 (2017), p. 31, doi:10.47313/pujangga.v1i2.320
Rahman, Abd, and others, ‘Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan’, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2.1 (2022), pp. 1–8
Rahmayanti, Vina, ‘Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1.2 (2016), pp. 206–16, doi:10.30998/sap.v1i2.1027
Salsabila, Unik Hanifah, and others, ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA’, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4.2 (2020), pp. 163–72, doi:10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sari, Dyan Puspita, and Rom Elah, ‘Penggunaan Aplikasi Quizziz Pada Evaluasi Pembelajaran Ismuba (Al-Islam) Di Sd Muhammadiyah 2 Sumberpucung’, Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6.2 (2022), pp. 202–08, doi:10.30651/sr.v6i2.14621
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tantri Anggraeni, Noor Amirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

