Implementasi Ilmu Nahwu Dan Sharaf Dalam Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mubtadiaat
Keywords:
Nahwu Sharaf, Pembelajaran Kitab, Madrasah DiniyahAbstract
Bahasa Arab memiliki peran strategis dalam pendidikan Islam karena menjadi kunci pemahaman literatur klasik, termasuk kitab Fathul Qarib. Penguasaan ilmu nahwu dan sharaf menjadi syarat penting dalam pembelajaran kitab tersebut, khususnya di lingkungan pesantren dan madrasah diniyah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi ilmu nahwu dan sharaf dalam pembelajaran kitab Fathul Qarib di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Mubtadiaat, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, penutupan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan ustaz pengampu, kemudian dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan, serta divalidasi dengan triangulasi sumber dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dilakukan secara nonformal sesuai karakteristik pesantren, pelaksanaan dimulai dengan kaidah nahwu dan sharaf sebelum pemaknaan teks, kemudian ditutup dengan tanya jawab di akhir pembelajaran, dan evaluasi pada akhir semester melalui tes tulis. Integrasi ilmu alat terbukti mendukung pemahaman gramatikal santri secara aplikatif dan kontekstual.
References
Anam, Nurul. “Manajemen Kurikulum Pembelajaran PAI.” Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 1, no. 2 (2021): 129–43. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v1i2.10.
Ahmad, Victor Imaduddin, and Nur Iftitahul Husniyah. “Implementasi Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Aplikatif Di Pondok Pesantren Darul Fiqhi Lamongan.” AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education 3, no. 2 (2022): 13–28. https://doi.org/10.32478/ajmie.v3i2.1365.
Faruq, Umar. “Telaah Pemikiran Ibn Taymîyah Tentang Arabisasi Linguistik Dalam Alquran Dan Hadis.” Mutawatir: Jurnal Keilmuan Tafsir Hadith 7, no. 1 (2017): 140–165. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2017.7.1.140-165.
Hasibuan, Ahmad Tarmizi, Mila Rosdiana Sianipar, Astary Desty Ramdhani, Fika Widya Putri, and Nadya Zain Ritonga. “Konsep Dan Karakteristik Penelitian Kualitatif Serta Perbedaannya Dengan Penelitian Kuantitatif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. Penelitian Kualitatif (2022): 8690. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3730.
Kamal, Faisal. “Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2020): 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572.
Kamila, Zulfa. “Pengaruh Apersepsi Guru PAI Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Kelas VIII Di SMPI Ash-Shibgoh Bitung Jaya €“ Tangerang.” JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam 3, no. 1 (2023): 50–64. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v3i1.511.
Khadijah, Siti Tri Puspita, and Maulida Hasanah. “Perencanaan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 2, no. 12 (2023). https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/sentri.
Lubis, Idrus. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran 9, no. 2 (2019): 344.
Lukman Hakim. “Strategi Pembelajaran Nubdzatul Bayan Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Kitab Kuning Bagi Santri Di Lpi Maktuba Al-Majidiyah Palduding Plakpak Pegantenan Pamekasan.” SIRAJUDDIN : Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 86–101. https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.383.
Laila, Alawiyah Nabila, and Eka Widyanti. “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran.” Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 5 (2024): 252–56. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i5.536.
Mustofa, Achmad, and Moh. Abdul Kholiq Hasan. “Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Di Ma’had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Media Akses Ilmu Agama.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (2023): 88–94. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i2.8642.
Maghfiroh, Nur Azah. “Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang.” Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo, 2024.
Mulyana, Asep, Cory Vidiati, Pri Agung Donarahmanto, Alifiyah Agussalim, Wiwin Apriani, Fitria Fitrasari, Ari Aryawati, et al. Metode Penelitian Kualitatif. Kabupaten Bandung: Widina Media Utama, 2024.
Nafisa. “Teknik Wawancara Dalam Penelitian: Metode Dan Strategi.” Solusi Jurnal, 2024. https://solusijurnal.com/teknik-wawancara-dalam-penelitian-metode-dan-strategi/.
Romela. “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Di SMP Kota Malang.” Malang, 2021.
Supriyanto, Toto. “Kompetensi Pembelajaran PAI (Sikap, Pengetahuan, Dan Keterampilan).” Ciamis, Jawa barat, 2021.
Suhartono, Anik Indramawan, and Idawati. “Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bagi Ustadz Dan Ustadzah Madrasah Diniyah Miftahul Khoirot Gondang Nganjuk.” Al Madani 1, no. 1 (2022): 30–39. https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i1.732.
Susilawati, Endang, Ahmad Ridwan, and Madyan Madyan. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Proses Pembelajaran.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 2, no. 1 (2023): 17–32. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.204.
STEKOM, P2K. “Kitab Kuning.” Accessed August 4, 2025. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kitab_kuning.
Tanjung, Erwinda Rahim, and Meyniar Albina. “Penelitian Deskriptif Dalam Pendidikan.” BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan 3, no. 3 (2025): 168–176. https://doi.org/10.59841/blaze.v3i3.2972.
Zamroji, Muhammad. “Kontribusi Apersepsi Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarsib: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 2 (2024): 21–27. https://doi.org/10.61181/tarsib.v1i2.402.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatimatuz Zahro, Noor Amirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

