Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo

Authors

  • Sasky Yulina Apriliyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Belajar merupakan suatu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia, selama manusia hidup maka dia akan terus belajar. Dalam lembaga pendidikan, guru merupakan tenaga pendidik yang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Sehingga guru diharapkan untuk selalu bisa meningkatkan motivasi belajar siswa agar terus semangat. Hal itu bisa dilakukan dengan menghadirkan metode dan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam karya ilmiah ini, penulis merumuskan tiga permasalahan utama, yaitu proses pembelajaran fiqih kelas 8 di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo, hasil penerapan metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode resitasi. Dalam proses penyelesaian karya ilmiah, penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan analisis data penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 8 di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo dikatakan baik, hal ini dibuktikan adanya peningkatan semangat belajar pada siswa. Seperti, memperhatikan saat pembelajaran, aktif dalam diskusi, rajin mengerjakan tugas, rasa ingin tahunya meningkat, serta adanya keinginan berhasil.

References

A. Aziz, Asep, Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, and Uus Ruswandi. 2020. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam vol. 18, no. 2.

Aggraini, Irmalia Susi. “Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa.” Artikel Dosen Prodi PGSD IKIP PGRI Madiun (n.d.).

Agustinova, Danu Eko. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif; Teori & Praktik. Cet ke-1. Yogyakarta: Calpulis.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosdur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsa, I Putu Suka. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Strategi Belajar Yang Menyenangkan. Cet ke-1. Yogyakarta: Media Akademi.

As-Sirjani, Raghib. 2011. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka Kausar.

Asrori. 2019. Inovasi Belajar & Pembelajaran PAI (Teori Dan Aplikatif). Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Asrori. 2020. Psikologi Pedidikan Pendekatan Multidisipliner. Cet ke-1. Banyumas: CV. Pena Persada.

Bungin, M. Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik, Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Cet ke-9. Jakarta: Kencana.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Darusman, and Firman Kasbih. 2020. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kreatif Sebuah Upaya Pengembangan Kualitas Pendidikan.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an Dan Terjemahnya Terbitan Syamil Alquran. Special For Woman. Bandung: Sygma.

Fathurrohman. Pupuh, and M. Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hadi. Abd, Asrori, and Rusman. 2021. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: CV. Pena Persada.

Haq, Azhar. 2018. “Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi.” Jurnal Vicratina vol. 3, no. 1.

Susilo, Wilhelmus Hary. 2018. Penelitian Kualitatif Aplikasi Pada Penelitian Ilmu Kesehatan. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Indina Harbani, Rahma. “10 Hadits Menuntut Ilmu: Untuk Memudahkan Jalan Ke Surga.” DetikEdu. Last modified 2021. Accessed April 3, 2022. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5866155/10-hadits-menuntut-ilmuuntuk-memudahkan-jalan-ke-surga.

Istiani, Mariatul, and Muhammad Roy Purwanto. 2019. “Fiqh Bi’ah Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, At-Thullab vol. 1, no. 1.

Kompri. 2017. Belajar; Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Cet ke-1. Yogyakarta: Media Akademi.

Kuspermadi, Dede, Devi Permata Sari, Dewi Lian, Dina Intaniah, Nasrul, Putri Dayana, and Rosina. 2019. “Pelaksanaan Metode Resitasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 35 Kota Pekanbaru.” Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam vol. 8, no. 1.

Laka, Beatus Mendelson, Jemmi Burdam, and Elizabet Kafiar. 2020. “Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School.” Jurnal Inovasi Pendidikan vol. 1, no. 2.

Lefudin. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Lista. 2019. “Penerapan Metode Resitasi Pada Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 23 Satap Kepulauan Selayar.” Skripsi : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mahmud, Saifuddin, and Muhammad Idham. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Kounikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniasih, Tatik Retno, and Trija Fayeldi. 2017. “Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman Komputer.” Jurnal Edukasi vol. 4, no. 1.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Cet ke-10. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nursalim. 2020. Manajemen Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lontar Mediatama.

Octavia, Shilphy A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Okiawan, Ingga. 2020. “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMKN 1 Mesuji Raya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020.” Skripsi : Institut Agama Islam Negeri Metro.

Prihartanta, Widayat. 2015. “Teori-Teori Motivasi.” Jurnal Adabiya vol. 1, no. 83.

Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Rudhito, Andy. 2019. Dasar-Dasar Penelitian Desain Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, Yeni Atikah. 2015. “Pengaruh Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Darussalam Ciputat.” Skripsi : UIN Syarif Hidayatullah.

Setiawan, Agus. 2018. Metodologi Desain. Yogyakarta: Arttex.

Setiawan, Iko. 2020. “Upaya Guru Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah (MTSN) 5 Kaur.” Skripsi : Institut Agama Islam Bengkulu.

Setiawan, M Andi. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sudarto. 2018. Ilmu Fikih (Refleksi Tentang: Ibadah, Muamalah, Munahakat Dan Mawaris). Cet ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Suryani, Feny. 2018. “Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist (Studi Kasus Di MTs Laboratorium UIN Medan).” Skripsi : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Published

2024-11-08

Issue

Section

Articles