Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah
Abstract
Indonesia merupakan negara majemuk, terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, dan agama. Keadaan ini memiliki dampak positif dan negatif, segi positifnya bahwa Indonesia memiliki keragaman dan kekayaan budaya, tetapi dampak negatifnya negara ini rawan sekali mengalami gesekan antar kelompok atau agama. Maka dari itu Kemenag menarasikan moderasi beragama demi terciptanya masyarakat yang berdaulat meskipun di tengah perbedaan yang ada. Dalam skripsi ini penulis merumuskan dua permasalahan yaitu: Analisis nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah dan implikasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap kerukunan umat beragama di Indonesia. Dalam proses penyelesaian skripsi, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (libtary research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan analisis konten (content analysis). Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa ditemukan muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah. kesepuluh nilai-nilai moderasi beragama telah terkandung dalam buku ajar. Dalam kaitannya dengan pengimplementasian nilai-nilai moderasi beragama di Indonesia, bahwa masyarakat Pemerintah dan masyarakat umumnya telah menerapkan nilainilai tersebut meskipun dalam beberapa nilai masih dicederai oleh beberapa oknum.
References
Afifah, Ni’mah, ‘Analisis Buku Ajar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah’, LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4.2 (2016) <https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(2).199-222>
Ainina, Dewi Qurroti, ‘Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VII SMP’, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.2 (2022) <https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.887>
‘Akidah Dan Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran PAI Di Madrasah Ibtidaiyah’, Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2020 <https://doi.org/10.21154/ibriez.v5i5.92>
Alfani, Khoirul, ‘Analisis Nilai Toleransi Dalam Buku Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (Studi Komparasi Agama Islam Dan Agama Kristen Tingkat SMP)’ (Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2018)
Amri, Khairul, ‘MODERASI BERAGAMA PERSPEKTIF AGAMA-AGAMA DI INDONESIA’, Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 4.2 (2021) <https://doi.org/10.14421/lijid.v4i2.2909>
Anastasia Baan, and Resnita Dewi, ‘Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia Untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka’, Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7.1 (2021) <https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407>
Bafadhol, Ibrahim, ‘Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Edukasi Islami, 6.12 (2017)
Detikcom, Tim, ‘Daftar Pelaku Teror Berusia Muda: Dari Usia 18 Hingga 26 Tahun’, DetikNews, 2021 <https://news.detik.com/berita/d-5516385/daftarpelaku-teror-berusia-muda-dari-usia-18-hingga-26-tahun> [accessed 6 November 2021]
Dewi, Anita Permata, ‘Menteri Bintang: Lembaga Keagamaan Penting Lindungi Perempuan Dan Anak’ (Jakarta: Antara, 2022) <https://m.antaranews.com/berita/3307095/menteri-bintang-lembagakeagamaan-penting-lindungi-perempuan-dan-anak>
Dwiyanti, Retno, ‘Analisis Nilai-Nilai Multikultural Pada Buku Siswa PAI Dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017’ (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2020)
Eriyanto, ANALISIS ISI: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)
Fajron, Akhmad, and Naf’an Tarihoran, Moderasi Beragama (Perspektif Quraish Shihab Dan Syekh Nawawi Al-Bantani: Kajian Analisis Ayat Tentang Wasathiyyah Di Wilayah Banten) (Banten: Media Madani, 2020)
Fatimatuzahroh, Fitri, Lilis Nurteti, and S. Koswara, ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary’, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.1 (2019)
Fawwaz, Muhammad Faiz Andreaz, ilmi Mu’min Musyrifin, Indah Maesaroh, and Hasse Jubba, ‘Upaya Perwujudan Moderasi Beragama Di Kalangan Siswa Melalui Buku Teks’, Al-Muthaharah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19.2 (2022)
Feminis, Admin Jakarta, ‘Rilis Media: UPR Putaran Ke-4: Urgensi Legalisasi Anti-Diskriminasi Bagi Kelompok Rentan Di Indonesia’ (Jakarta: Jakarta Feminist, 2022) <http://jakartafeminis.com/rilis-media-upr-putaran-ke-4- urgensi-legalisasi-anti-diskriminasi-bagi-kelompok-rentan-di-indonesia/>
Ghufron, Fathorrahman, ‘Pembatalan Ibadah Haji Di Masa Pandemi’ (Yogyakarta: Kompas, 2021) <http://uinsuka.ac.id/id/kolom/detail/97/pembatalan-ibadah-haji-di-masa-pandemi>
Ginanjar, M. Hidayat, ‘Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik’, Jurnal Edukasi Islami, 6.12 (2017)
Hadi, Abd, Asrori, and Rusman, Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi (Banyumas: CV. Pena Persada, 2021)
Hadi, Muhammad Fazlurrahman, and Muhammad Arfan Mu’ammar, ‘Multicultural and Citizenship: Recontruction of Indonesia Islamic Thought’, Atlantis Press, 436 (2019)
Hakim, Abdul, ‘Kisah Toleransi Warga Flores Timur, Relakan Tanah Untuk Hunian Dan Makam Warga Beda Agama’ (Flores: SindoNews.com, 2022)
Hanapi, M.Faisal, ‘Kemenag Sulbar Bertekad Wujudkan Madrasah Berbasis Elektronik’ (Sulawesi Barat: Antara, 2022) <http://m.antaranews.com/berita/3298131/kemenag-sulbar-bertekadwujudkan-madrasah-berbasis-elektronik>
Hasan, Mustaqim, ‘Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa’, Jurnal Mubtadiin, 7.02 (2021)
Hefni, Wildani, ‘Moderasi Beragama Dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri’, Jurnal Bimas Islam, 13.1 (2020) <https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182>
Hidayah, Nurul, Akidah Akhlak MA Kelas X (Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah, 2020)
Humas, Admin, ‘Sikap Moderat Beragama Di Tengah Pandemi’ (Lampung: Raden Intan Lampung, 2020)
‘Ibu Kandung Dibentak Calon Istri, Pria Di Palembang Pilih Batalkan Pernikahan Sehari Jelang Acara’ (Palembang: headtopics.com, 2022) <http://www.google.com/amp/s/headtopics.com/id/ibu-kandung-dibentakcalon-istri-pria-di-palembang-pilih-batalkan-pernikahan-sehari-jelang-acara- 33279595>
Ikhsan, Amri, ‘Tawazun Dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas’ (Jambi: MetroJambi.com, 2021) <http://www.google.com/amp/s/amp.metrojambi.com/read/2021/04/28/6300 8/tawazun-dalam-pembelajaran-tatap-muka-ptm-terbatas>
Ilahi, Mohammad Takdir, Nasionalisme Dalam Bingkai Pluralitas Bangsa (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012)
Irama, Yoga, and Mukhammad Zamzami, ‘Telaah Atas Formula Pengarustamaan Moderasi Beragama Kementrian Agama Tahun 2019-2020’, Jurnal KACA, 11.1 (2021)
Islamy, Athoillah, ‘Pendidikan Islam Multikultural Dalam Indikator Moderasi Beragama Di Indonesia’, Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia (APIC), 5.1 (2022)
Iswanto, Agus, Nurhata Nurhata, and Asep Saefullah, ‘Narasi Moderasi Beragama Dalam Naskah Serat Carub Kandha’, Jurnal Lektur Keagamaan, 19.1 (2021) <https://doi.org/10.31291/jlka.v19i1.910>
Jihan, ‘Imparsial Catat 25 Kasus Intoleransi Terjadi Di Indonesia Sepanjang 2022’ (Jakarta: Gatra.com, 2022) <http://www.gatra.com/news-558269-nasionalimparsial-catat-25-kasus-intoleransi-terjadi-di-indonesia-sepanjang- 2022.html>
Al Jumhuri, Muhammad Asroruddin, Belajar Aqidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid Dan Akhlak Islamiyah (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015)
Karim, Pangulu Abdul, ‘Fungsi Aqidah Dan Sebab-Sebab Penyimpangan Dalam Aqidah’, Nizhamiyah, 7.1 (2017)
Kurniawati, Fitri Erning, ‘Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah’, Jurnal Penelitian, 9.2 (2015)
Lessy, Zulkipli, Anisa Widiawati, Daffa Alif Umar Himawan, Fikri Alfiyaturrahmah, and Khiriah Salsabila, ‘Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar’, Paedagogic, 3.2 (2022)
Lubis, Amany, Pesantren Gen-Z: Re-Aksentuasi Nilai Moderasi Beragama Pada Lembaga Pendidikan (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2022)
Maimun, and Mohammad Kosin, Moderasi Islam Di Indonesia (Yogyakarta: LKiS, 2019)
Majid, Rofi Ali, ‘BNPT: 33 Juta Penduduk Indonesia Terpapar Radikalisme, Butuh Undang-Undang Pencegahan’, Kompas TV, 2022 <https://www.kompas.tv/article/311315/bnpt-33-juta-penduduk-indonesiaterpapar-radikalisme-butuh-undang-undang-pencegahan> [accessed 6 November 2022]
Masturaini, ‘Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Shohifarusshofa NW Rawamangun Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara)’ (IAIN Palopo, 2021)
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Moh Fajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

