Pembentukan Karakter Islami Siswa Kelas VI Dalam Hal Pendidikan Agama Islam Di SD Hang Tuah 6 Surabaya

Penulis

  • Muh. Zuhair Abduh A. Rofiq Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Indonesia sekarang ini sedang menghadapi dua tantangan besar adalah desentralisasi atau otonomi daerah yang saat ini sudah dimulai dan era globalisasi yang terjadi pada tahun 2020. Kedua tantangan tersebut merupakan ujian berat yang harus dilalui dan dipersiapkan oleh seluruh bangsa Indonesia. Indonesia yang handal dan berbudaya. Peran lembaga pendidikan di dalam terdapat guru dan kurikulum dengan nilai karakter yang dimiliki sebagai alternatif yang bersifat preventif karena pendidikan membangun generasi baru bangsa yang lebih baik. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari informasi langsung tentang pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan di SD Hang Tuah 6 Surabaya. Sedangkan Data sekunder diperoleh dari sumber bacaan lain untuk mendukung laporan penelitian. Seperti dokumen resmi, hasil akademik, dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Hang Tuah 6 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakter yang dimiliki siswa kelas VI di SD Hang Tuah 6 Surabaya secara umum dapat dikatakan baik atau positif meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda. Dapat dikatakan bahwa perilaku anak-anak di sekolah sangat baik, seperti sikap saat bertemu guru dengan menyapa, berjabat tangan, bahkan mengucapkan salam. Dan Upaya pembentukan karakteristik islami kelas VI Dalam Hal Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Hang Tuah 6 Surabaya dapat dilihat melaui karakter yang ditunjukan dalam kehidupan sehari-hari siswa di sekolah. Seperti Amanah, Amal saleh, Bertanggung jawab, Disiplin, Beriman dan Bertaqwa, Bersemangat, Kreatif, Mandiri, Rajin, Rasa Percaya Diri, baik dalam proses pembelajaran maupun ritual keagamaan.

Referensi

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012), hal.2.

Abdul Rachman, 2005, Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Abdullah Nasih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam, Terj Sefullah

Kamalie Dan Hery Noer Ali, Jilid 2,(Semarang: Asy-Syifa,Tt), hal. 44.

Abdullah Munir, Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah, (Yogyakarta: Pedagogia, 2010), hal.10

Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,1998), hal. 99.

Ali Abdul Halim Mahmud, Tarbiyah Khuluqiyah Pembinaan Diri Menurut Konsep Nabawi, TerjAfifudin, (Solo: Media Insani,2003), hal. 25.

Al Rasyidin dan Wahyudin Nur Nasution. Teori Belajar dan Pembelajaran, (Medan: Perdana Publishing, 2015), hal. 68.

Arif Fauzi, "Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Sd Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto Kabupaten Banyumas", (Skripsi – Universitas Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Purwokerto, 2018), hal 105.

Aat Syafaa, Peran Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja, (Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008) hal. 11-12

Aslam Hadi, Pengantar Filsafat Islam, (Cat. I; Jakarta: Rajawali, 1986) hal. 6

Arifin (1987:13) dalam Fatah Yasin, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, (Malang: UIN-Malang Press, 2008), hal. 24.

Dr. Zubaedi, M.Ag., M,Pd., Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Edisi Pertama, ( Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011)

Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendiknas, Kerangka Acuan Pendidikan Karakter, 2010, hal.9.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 2002), hal 1250.

Farida Jaya, Perencanaan Pembelajarann, (Jakarta, 2015).

Henra Ibrahim, "Implementasi strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pinrang" (Tesis – Universitas Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Parepare, 2018), hal 103.

HM Arifin, 2014, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara), hal. 7

Hadari Nawawi, "Metode bidang Sosial", (Yogyakarta: Gajah Mada University Press), hal.100.

Indrawan WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jombang: Lintas Media), hal, 568.

Hasniyanti Gani Ali, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Quantum Teaching , 2008), hal. 14.

Ikhsan, A. M. H. T. Oktaviani, A. 2014. “Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Managemen”. Medan: CV. Madenatera Indonesia. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025, hal. 7.

Masnur, Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta : PT, Bumi Aksara, 2011) hal. 35

Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005)

Mahsun, Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode Dan Tekniknya, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2005).

M. Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam (Jilid 1), (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), hal.3

Miftakhul Halimah, "Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Viii Di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur", (Skripsi – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2018), hal 85.

Muchlas Samani dan Hariyanto, 2016, Pendidikan Karakter (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset), hal. 4.

Muhammad Hambal Shafwan, 2014, Intisari Sejarah Pendidikan Islam, (Solo: Pustaka Arafah), hal. 19

M. Mahbubi, Pendidikan Karakter (Yogyakarta : Pustaka Ilmu Yogyakarta, 2012), hal. 39

Diterbitkan

2024-09-24

Terbitan

Bagian

Articles