Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Make A Match Pada Materi Ilmu Tajwid Di TPQ Al Ikhlas Amiruddin

Authors

  • Meghrifi Primeri Zahra Arsyad Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan, pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang tepat ialah suatu hal yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemahaman materi. Hal tersebut menjadikan metode sebagai  suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Make a Match untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada materi ilmu tajwid santri di TPQ Al Ikhlas Amiruddin, Lidah Kulon, Lakarsantri, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 11 santri sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan tes. Ananlisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an pada santri. Kemampuan membaca al-Qur’an santri pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasannya adalah 36,35% yang termasuk dalam klasifikasi Kurang Baik. Kemudian pada siklus I setelah diterapkan metode make a match, kemampuan membaca al-Qur’an pada santri mengalami peningkatan, persentase ketuntasan yang diperoleh ialah 54,5% yang termasuk dalam klasifikasi Cukup Baik. Kemudian dilakukan kembali tes membaca al-Qur’an pada siklus II dengan hasil persentase ketuntasan yang diperoleh ialah 81,8% yang termasuk dalam klasifikasi Baik.

References

Abdul Aziz Abdur Rauf, Al-Hafizh. Pedoman Daurah Al-Qur’an Kajian Ilmu Tajwid Disusun secara Aplikatif. Jakarta Timur: Markaz Al-Qur’an. 2011

Abu Ya’la Kurnaedi. Tajwid Lengkap Asy Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Asy Syafi’i. 2013

Achmad Luthfi, Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia. 2012

Agus Suprijono. Coorperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009

Ahmad Annuri, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Alkautsar. 2010

Ahmad Tafsir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, Cet.1. 1995

Anshori. Ulumul Qur’an Kaidah-Kaidah Memahami Firman Tuhan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014

Aquami, Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasa Ibtidaiyah Quraniah 8 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, Vol.3, No.1. Juni 2017

Ariep Hidayat, Maemunah Sa’diyah, Santi Lisnawati. Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.9, No.1, Februari 2020

Arnild Augina. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, Vol.12, Edisi 3, 2020.

Asrori, Rusman. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada, 2020

M. Hasby Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Jakarta: Bulan Bintang. 1987

Muhammad Hasbi Ashadiqihi, Aan Erlansari, Funny Farady C. Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Rekursif, Vol.8, No.1. Maret 2020

Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Mudhu’I atas berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan. 1998

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017

Suharsini Arikunto, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2007

Wahyu Dwi. Analisis Kebijakan Dan Pengembangan TPQ Dalam Pendidikan Nasional, Jurnal Al-Ifkar, Vol.XIV, No.02. September 2020

W. J. S Poewadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia.

Published

2024-09-07

Issue

Section

Articles