Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Menggunakan Metode Jibril Di TPQ An-Nur Kecamatan Semampir Surabaya
Abstract
Rendahnya hasil belajar kemampuan membaca Al-Qur’an anak di kelas 1 TPQ An-Nur Kecamatan Semampir Surabaya, hal ini disebabkan kurangnya arahan, bimbingan, motivasi dan pemberian pengharagaan dari guru kepada anak, sehingga membuat anak tidak serta aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. oleh karena itu perlu
diadakannya penelitian guna memperbaiki kesenjangan (masalah) yang ada di TPQ An-Nur Kecamatan Semampir Surabaya, dengan menerapkan metode jibril. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) yang juga dipahami sebagai jenis penelitian kualitatif sederhana. Penelitian ini sifatnya deskriptif yaitu menggambarkan suatu keadaan dan peristiwa sertaxi gejala tertentu di lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa penelitian menggunakan Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing atau Verification. Hasil penelitian ini berdasarkan test dan observasi yang penulis lakukan di lapangan, kemampuan membaca Al-Qur’an anak mengalami peningkatan yang telah mencapai target indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat penulis simpulkan dengan menggunakan metode jibril dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran anak di TPQ An-Nur Kecamatan Semampir Surabaya.
References
Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitiandan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Abdul Majid Khon, Praktikum Qira`at Keanehan Bacaan Al-Qur`an Qira`at Ashim dari Hafash, Jakarta: Sinar Grafika Offset, cet.1, 2008.
Ahmad Syarifudin, Mendidik Anak Membaca Menulis Dan Mencintai Al Qur`an, Jakarta, Gema Insani, cet.2, 2005.
Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, Ed. 1, 2015. Chairani Idris dan Tayrifin Karim, Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan
TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI),Jakarta: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an, 1994.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemah dan Asbabunnuzul, Surakarta: CV AlHanan, 2009.
H. E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah, Jakarta: BumiAksara, Edisi.1, Cet. 5.2013.
Henry Guntur Tarigan, MEMBACA SEBAGAI SUATU KETERAMPILAN BERBAHASA, Bandung: Angkasa, 1979.
Joko Subagyo, METODE PENELITIAN Dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, cetakan ke 4, 2015
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Raja GrafindoPersada, 2011.
Maidir Harun Munawiroh, Kemampuan Baca Al-Qur’an, Jakarta: Depag RI, 2007.
Muhammad Ali Ash-Shaabuuniy, StudiIlmu Al-Qur’an, Bandung: CV PustakaSetia,
Muhammad ibnu abdul hafidh swaid, Cara Nabi Mendidik Anak, Jakarta: AlI’tishom Cahaya Umat, 2004.
Restia Berwina, PENERAPAN STRATEGI Contextual Teaching Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan agama islam bagi peserta didik SMP N egeri 13 Bandar Lampung, Skripsi, 2014.
S. Nasution, Metodologi Penelitian Dasar, Jakarta: Bulan Bintang, 2004.
Siti Fatimah, Penerapan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Minat Membaca AlQur’an Anak Raudhatul Athfal Al-Muwwanah Tanjung Raya Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung, Skripsi, 2014.
Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R & D, Bandung: Alfabeta, cetakan ke 7, 2012.
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.
Suhardjono, Suharsimi Arikunto, Supardi, PENELITIAN TINDAKAN KELAS, Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta 1998.
Suharsimi Arikunt, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisirevisi), Jakarta: Bumi Aksara,Cet.IX, 2009.
Taufiqurrochman, METODE JIBRIL, Metode PIQ-Singosari Bimbingan KHM. Bashori Alwi, Singosari Malang: IKAPIQ, cet I, 2005.
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah Dan Pengantar Ilmu AlQur’an &Tafsir, Semarang:Pustaka Rizki Putra, Edisi ketiga, Cet kedua, 2009.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Maulidiyah Jauhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

