Peran Guru Agama Dalam Upaya Membina Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Daring

Authors

  • Syarifatul Mutaqorribain Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Dalam proses belajar mengajar permasalahan yang sering muncul adalah peserta didik seringkali tidak disiplin untuk mengikuti pembelajaran dan kurang disiplin dan tanggung jawab dalam mengumpulkan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana peran guru agama dalam upaya membina karakter disiplin dan tanggung jawab melalui pembelajaran daring di SMPN 39 Surabaya. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru agama 3 dan siswa yang berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner , serta studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : (1) peran guru agama dalam upaya membina karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran jarak jauh (daring) di SMP Negeri 39 Surabaya. (2) peran guru agama dalam upaya membina karakter tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran jarak jauh (daring ) di SMP Negeri 39 Surabaya.

References

Abdul Aziz bin Muhammad Alu Abd. Lathif, Pelajaran Tauhid untuk Pemula, terjemahan Ainul Haris Arifin Thayib, Judul asli, Muqarrarut tauhid kitab Ta’limilin nasyi’ah, (Jakarta: Darul Haq, 1998), p. 19.

Asmani, Tips menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, Inovatif”.

Conny R. Semiawan, Penerapan Pembelajaran Pada Anak (Jakarta: INDEKS, 2009).

Hamka Abdul Aziz, Karakter Guru Profesional, Al-Mawardi Prima, Jakarta, 2012.

Herabudin, Pengantar Sosiologi, (Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2015).

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter (konsep dan Implementasi), (Bandung: ALFABETA, 2014).

Hery Nugroho, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Semarang, (Semarang, UIN Walisongo, 2012). Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet, Ke-4, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007).

Jamal Ma’aruf Asmani, Tips menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif, Cet. Ke-2, (Jogjakarta : Balai Diva Press, 2009).

Jane Elizabeth Allen dan Marilyn Cheryl, Disiplin Positif, trans. Imam Macfud, (Jakarta: Prestasi Pustakara, 2005).

Julian Abiyoso Firdaus, Bimbingan dan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara, (Semarang, UIN Walisongo, 2015).

Masluqman. Perumusan Indikator dan Contoh Indikator (kurikulum 2013).

Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, M.A, Filsafat Agama (Wisata Pemikiram dan Kepercayaan Manusia), (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007), Cet. Ke-4, p. 2.

Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter (Mengembangkan Karakter Anak yang Islami), (Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara, 2016).

Syafitri. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions and Getting Answer pada Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol.1 (2) pp. 57-63

Thomas Lickona, Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik), (Bandung: Penerbit Nusa Media, 2013).

Ubaidillah Achmad – Yuliyatun, Suluk Kiai Cebolek dalam Konflik Keberagamaan dan Kearifan Lokal, (Jakarta: Prenada, 2014).

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1.

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan), (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012).

Widayanti, Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik kelas X SMA N 1 Limbangan tahun 2011/2012, (Semarang, UIN Walisongo, 2012).

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Published

2024-08-12

Issue

Section

Articles