Penerapan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di SMP Islam Al-Amal Surabaya

Authors

  • Hisam Sidqi Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai supervisi klinis dan kompetensi pedagogik guru. Peningkatan kompetensi pedagogik guru di sekolah meruapakan suatu keharusan, mengingat guru sebagai ujung tombak dalam pembelajaran. Sedangkan kepala sebagai sebagai pemimpin yang memiliki fungsi sebagai supervisor memiliki peran strategis dalam mendayagunakan para guru di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan meminimalisirkan kesalahan-kesalahan pada guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase hasil penerapan supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Islam Al Amal Surabaya adalah 82.3 % dengan artian nilai 81-100%, yaitu memiliki nilai sangat tinggi

References

Abd. Kadim Masaong, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memperdayakan Pengawasan Sebagai Gurunya Guru, (Bandung: AlFabet, 2003)

Abudin Nata, Managemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan di Indonesia, (Jakarta: Prenada Media, 2003)

Afnil Guza, Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No. 14 thn 2005, (Jakarta: Asa Mandiri, 2008)

B. Suryosubroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Dhika Juliana Sukmana, Evi Fatma Utami, Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawati, Nur Hikmatul Auliya & Ria Rahmatul Istiqomah, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. (Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu. 2020)

Donni Juni Priansa dan Rismi Somad, Manajemen Supevisi & Kepemimpinan Kepala Madrasah (Bandung: Alfabeta, 2014)

Endang Widi Winarni, Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif PTK R&D, (Jakarta: PT. Cahaya Prima Sentosa. Cet. Pertama, 2018)

Farida Sarimaya, Sertifikasi Guru: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? (Bandung: CV. Yrama Widya, 2008)

Hariyono, “Implementasi Supervisi Klinis Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SD Nogosari UPT PPK Imogiri Bantul”, Jurnal Ideguru, Vol. 4, No. 2, November 2019

H. E. Mulyasa, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Madrasah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011)

H. E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2004)

H. E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Pendidik, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)

Ibrahim Bafadal, Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Professional Guru, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)

Imam Machali dan Ara Hidayat, The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia (Jakarta: Prenamedian Group,2016)

J. R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010)

Jamal Makmur Asmani, Tips Efektif Pendidikan Sekolah, (Yogyakarta: Diva Press, 2012)

Jamil Suprihatiningrum, Guru Profesional; Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,2013)

Juliansyah Noor, Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah (Jakarta: Kencana, 2017).

Made Pidarta, Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)

Made Pidarta, Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta, 2009)

Published

2024-05-13

Issue

Section

Articles