Konsep Pembaruan Pendidikan Islam Kyai Haji Ahmad Dahlan Dalam Buku 7 Falsafah Dan 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidkan Islam dalam buku 7 falsafah dan 17 kelompok ayat al-qur’an serta mengetahui relevansi pembaruan pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan dalam buku 7 Falsafah dan 17 Kelompok ayat al-qur’an. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan penelitian yang terfokus bada buku, catatan, maupun laporan hasil peneliti terdahulu. Sumber data primer yaitu Pelajaran Kiai Haji Ahmad Dahlan : 7 Falsafah dan 17 Kelompok ayat alQur’an. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan studi pustaka dengan mengumpulkan buku,artikel,jurnal dan skripsi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) K.H. Ahmad Dahlan adalah sosok yang selalu menekankan pada aspek amaliyah atau praktik, oleh karena itu beliau sering disebut dengan man of action. 2) Konsep pembaruan pendidikan Islam K.H. Ahmad Dahlan dalam buku 7 Falsafah dan 17 Kelompok ayat al-Qur’an memiliki relevansi yang mana bisa di terapkan dalam pendidikan agama Islam masa kini. Karena gagasan yang dibawa oleh K.H. Ahmad Dahlan, pendidikan Islam diharuskan dan dituntut untuk melek teknologi dan mampu berkembang dalam menghadapi perubahan zaman (tajdid).
References
Abdul Aziz, M. a. (1999). Pelajaran Tauhid untuk Pemula. Jakarta: Darul Haq.
Abdul Mujib. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Agus, N. C. (2018). Samudra Kearifan. Yogyakarta: Kaktus.
Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.
Al-Jauzziyah, I. Q. (2011). Raudhatul Muhibbin. Jakarta: Qitshi Press.
Anshory, N. (2010). Matahari Pembarauan. Yogyakarta: Jogja bangkit publisher.
Assegaf, A. R. (2017). Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suku Press.
Daradjat, D. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, D., & dkk. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Daud Ali, D. H. (1995). Lembaga-lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.
Hadjid. (2018). Pelajaran Kiai Haji Ahmad Dahlan ( 7 Falsafah dan 17 Kelompok Ayat Al-qur’an). Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Hamalik, O. (2007). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiyah, Y. (2020). Madrasah Diniyah: Antara Realitas, Politikcal will, dan Political Action. Ponorogo: Journal al-Fathim Vol.No.01.
Kusno, A. W. (2020). K.H Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Klik Media.
Kusno, A. W. (2020). K.H. Ahmad Dahlan: Nasionalisme dan Kepemimpionan Pembaharu Islam Tanah Air yang Menginspirasi. Yogyakarta: Klik Media.
Kusno, A. W. (2020). Nasionalisme dan Kepemimpinan Pembaharu Islam Tanah Air yang Menginspirasi. Yogyakarta: Klik Media.
Langgulung, H. (1998). Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. Jakarta: Pustaka al-Husna.
Maksum. (1999). Madrasah Sejarah dan Perkembangannnya. Jakarta: Logos, Wacana Ilmu.xiv
Mu'arif. (2020, 03 30). kh-ahmad-dahlan-bukan-penulis-profetik/. Retrieved from https://suaramuhammadiyah.id: https://suaramuhammadiyah.id/2020/03/30/kh-ahmad-dahlan-bukan-penulisprofetik/
Musfiqon. (2012). Pendidikan Kemuhammadiyahan. Surabaya: Majelis Dikdasmen PWM Jatim.
Mu'thi, A. (2015). Kompilasi K.H. Ahmad Dahlan 1868-1923: Pembaharuan Pendidikan Ahmad Dahlan (Museum Kebangkitan Nasional. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional. Nasional, P. B. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.
Nasir, H. (2016). Muhammadiyah Gerakan Pembaruan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Nasution, H. (1975). Pembaruan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan dan Bintangn.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Noer, D. (1982). Gerakan Modern Islam di Indonesia. Jakarta: LP3ES.
Poerwadarminta. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
RI, D. A. (2015). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro.
Rofi, S. (2016). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.
Sakirman, Memperkuat Citra Islam sebagai Agama Perdamaian. Akademika, Vol.17 No 2, Desember 2012, 20.
Suta, B. (2020). Relevansi Pemikiran KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. Jurnal Ar-Risalah, 21, 1.
Syekh Yahya, H. a.-Y. (2012). Pelatihan Lengkap Takziyatun Nafs. Jakarta: Zaman.
Triyono, U. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Yuliana Hermawati, Konsep Pendidikan Menurut K.H. Ahmad Dahlan.Promis, Vol.2 No 1, September 2020,9.
Yunus, M. (1982). Pengantar Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hidakarya Agung.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayuara Temasmiko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

