Implementasi Metode Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Al Amal Surabaya
Abstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Al Amal Surabaya masih rendah. Hal tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Dengan kondisi tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan metode Problem Solving di kelas VII SMP Al Amal Surabaya dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI) karena kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dibagi ke dalam dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Terdapat empat tahapan dalam tiap siklusnya yaitu, perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas VII SMP Al Amal Surabaya yang terdiri dari 38 anak. Perhatian peneliti ditekankan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata persentase indikator kemampuan berpikir kritis mencapai 75% dan apabila 75% peserta didik dari kelas VIII A memiliki nilai minimal 77 pada mata pelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan adaya peningkatan pada tiap indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik, yaitu (1) mengidentifikasi masalah naik sebesar 10%, (2) menemukan sebab kejadian peristiwa, sebesar 18%, (3) menilai dampak kejadian peristiwa, sebesar 25%, (4) memprediksi dampak lanjut, sebesar 26%, dan (5) merancang sebuah solusi berdasarkan masalah, sebesar 26%. Peningkatan tertinggi pada aspek memprediksi dampak lanjut dan merancang sebuah solusi berdasrkan masalah. Dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disetiap indikatornya, maka secara umum terjadi pula peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP AL AMAL Surabaya.
References
Al-Tabany Trianto Ibnu Badar, Mendesain Model pembelajaran Inovatif,Progresif,dan Konstektua, Jakarta, PT. Kharisma Putra Utama, 2014.
Arianto Metta dkk, Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Guru Kita (JGK), 2018.
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT. Rineka,2014.
Asrori & Rusman, Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru, Purwokerto, CV. Pena Persada, 2020,
Asrori, Psikologi Pendidikan, Purwokerto, CV Pena Persada, 2020.
Bahkrudin Muhammad dkk, Strategi Belajar Mengajar, Bojonegoro, CV AGRAPANA MEDIKA 2021.
Basri Hasan, kapita selekta Pendidikan,Bandung, CV Pustaka Setia, 2012.
Bey Anwar & Asriani, Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV, Jurnal Pendidikan Matematika, 2013,
F. Fakhriyah, Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2014.
Hayudiyani Meila Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Tkj Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di Smkn 1 Kamal Jurnal Ilmiah Edutic, 2017
Huri Suhendri, Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar, Jurnal Formatif, 2015.
Jannah Fathul, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional,Jurnal Dinamika Ilmu, 2013.
Saputra I Gede Purwana Edi dkk, Penerapan Creative Problem Solving dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA3 SMAN 1 Watubangga” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 2019.
Sulasamono Bambang Suteng, Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, Dan Ragamnya Jurnal Satya Widya, 2012.
Syahidin dkk, Moral dan Kognisi Islam Buku Teks Pendidikan Islam Untuk Perguruan Tinggi, Bandung, CV Alfabeta, 2009.
Wartin Ii dkk, Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika, Jurnal Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2018.
Zainal Aqib, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, CV Budi Utomo, 2018
Zakaria Linda & Lestari Ika, Berpikir Kritis dalam Kontteks Pembelajaran,Bogor, Erzatama Karya Abadi, 2019.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laily Ba’da Maudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

