Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Office 365 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Surabaya sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: satndar KKM mata pelajaran PAI adalah 75, sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pembelajaran PAI pada nilai tes pratindakan diperoleh 3 orang siswa (13,63%) yang tuntas belajar dan 19 orang siswa (86,36%) yang tidak tuntas belajar. Setelah pemberian tindakan pengajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi office 365, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 45,45% atau 10 orang siswa tuntas secara klasikal dan sebanyak 54,54% atau 12 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan klasikal. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II, siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 81,81% atau terdapat 18 orang siswa tuntas secara klasikal dan sebanyak 18,18% atau 4 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi office 365 dapat meningkatkan hasil belajar materi berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri mata pelajaran PAI pada kelas X SMA Muhammadiyah 7 Surabaya.
References
Abdul Majid. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2014.
Abudin Nata. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.
Abudin Nata. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.
Ahmad Tafsir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Amiruddin Siahaan. Ilmu Pendidikan Dan Masyarakat Belajar. Bandung: Citapusaka Media Perintis, 2016.
Aprida Pane and Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 2017.
Asrori & Rusman. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Banyumas: Pena Persada, 2020.
Chabib Thoha, dkk. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Dakir. Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
H. M. Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Hamdani Ihsan dan Fuad Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 2020.
Hasbullah. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, n.d. “Http:Ramlannarie.Wordpress.Com/2010/03/06/Konsep-Ruang-Lingkungan-Dan-SasaranPendidikan-Com/,” n.d.
Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group, 2008.
Koenigsbauer, Kirk. “Office 365 Untuk Pendidikan, Cara Modern Untuk Bekerja Sama Di80 Ruang Kelas,” 2017. https://www.microsoft.com/id-id/microsoft- 365/blog/2017/05/02/modern-classroom-collaboration-with-office-365-foreducation/#:~:text=Inovasi baru di Office 365 untuk Pendidikan&text=Layanan ini menawarkan kumpulan alat,bagi para siswa dan guru!
M. Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.
Mesiono. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Medan: Perdana Publishing, 2015.
Muh. Sain Hanafy. “Konsep Belajar Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2014.
Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Mustakim. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics.” Al Asma: Journal of Islamic Education, 2020.
Muzayyin Arifin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Nana Sujana. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya, 2009.
Novita, Diana, and Addiestya Rosa Hutasuhut. “Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.” Unimed Medan, 2020.
Rusdiana. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ).” BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 2020.
Shidiq, Umar, and Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vicky Faiz Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

