Peran Pendidikan Islam Multikultural Terhadap Pembentukan Sikap Tasamuh dan Ta’awun di SMP Muhammadiyah 15 Surabaya

Authors

  • Didik Hermawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pengubahan tingkah laku seseorang ataupun kelompok orang, dalam usaha, mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dalam Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pendidikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam upaya mewujudkan suasana kegiatan belajar dan pembelajaran sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan dirinya dalam memperoleh nilai-nilai spiritual, pengendalian diri, kepribadian dan kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang sangat diperlukan bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Sedangkan pendidikan agama Islam multikultural adalah model pendidikan yang menekankan pada nilai-nilai moral, seperti kasih sayang, cinta seseorang, tolong-menolong, toleransi, menghargai keberagaman, dan sikapsikap yang menjunjung kemanusiaan. Latar belakang dari diadakannya penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yaitu untuk mengetahui, mendiskripsikan serta menganalisis terkait dengan pembentukan sikap tasamuh dan ta’awun di SMP muhammadiyah 15 Surabaya. Metode penelitian ini, Menggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang dilakukan dengan teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian data tersebut diedit, diperiksa, dan disusun secara cermat serta diatur sedemikian rupa yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini, Seluruh Informan dari SMP Muhammadiyah 15 Surabaya terkait dengan peran pendidikan islam multikultural dapat membentuk sikap tasamuh toleransi dan ta’awun siswa yang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh sekolah

References

Abdul Basid, (Februari 2019),”Pendidikan Multikultural Dalam Surat AlHujarat ayat 12-13 Sikap Islam Terhadap Keragaman Dan Perdamaian Dunia”, Jurnal El Hamra Vol.4.No.1.

Al-Maraghi Ahmad Mustafa, (1993)“Terjemah Tafsir Al-Maraghi”, Semarang: PT Karya Toha Putera Semarang.

Choirul Mahfud, (2005) “Pendidikan Multikultural”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eko Setiawan, (Januari 2019), “Konsep Urgensi Pendidikan Islam Multikultural Dan Permasalahannya”, Jurnal Edudeena, Volume.3 No.1

Halimatussa’diyah, (2020) “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural”, Surabaya:Jakad Media Publishing.

Hasan Muhammad Tholcha (2016). " Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme " Malang:Universitas Islam Malang.

Ibnu Ambarudin, (Juni 2016) “Pendidikan Multikultural untuk membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius” Jurnal Civics,vol.13.No.1.

Jonathan Sarwono, “Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif”, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006

M. Ainul Yaqin, (2019) “Pendidikan Multikultural Cros-Cutural Understanding Untuk Demokrasi Keadilan”, Yogyakarta: Lkis.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Vol. 13.

Mahfud Chairul, (2006) “Pendidikan Multikultural”, Yogyakarta: CV. Pustaka Pelajar.

Misrawi Zuhairi, (2009) “Madinah Kota Suci Piagam Madinah, Dan Teladan Muhammad Saw”, Jakarta: Kompas.

Mulyadi Seto dkk, (2016) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teoriteori Baru Dalam Psikologi, Depok: Rajawali Pers.

Mustafida Fita, (2020) “Pendidikan Islam Multikultural Konsep dan Implementas Proses Pembelajaran PAI Berbasis Nilai-Nilai Multikultural”, Depok: Rajawali Pers.

Raihani, (2016) “Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural”,Yogyakarta:pustaka Pelajar.

Rusdiana H.A dan Suyana Yaya (2019). " Pendidikan Multikultural."Bandung CV Pustaka Setia.

St Nugroho (2009) “Multikulturalisme Belajar hidup bersama dalam perbedaan.” PT Indeks Jakarta.

Ulya Inayatul & Afnan Anshori Ahmad, (Oktober 2016). “Pendidikan Agama Islam Sebagai Resolusi Konflik Agama di Indonesia” Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Volume 4 Nomer 1.

Published

2023-11-13

Issue

Section

Articles