Relevansi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dalam Buku Islam Kosmpolitan Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami salah satu karya Abdurrahman Wahid yang berjudul Islam Kosmopolitan. Apakah memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Library Research, dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu Islam Kosmopolitan: Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa: 1) Dalam buku Islam Kosmopolitan karya Aburrahman Wahid memuat 15 artikel yang memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia. Corak pemikiran Abdurrahman Wahid dalam buku Islam Kosmopolitan yaitu humanisme, demokratis, pluralisme, keislaman, tradisonal, dan modernis. 2) Pemikiran Abdurrahman Wahid dalam buku Islam Kosmopolitan memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia seperti corak demokratis. Abdurrahman Wahid menekankan bahwa semua orang harus dipandang sama dan memiliki derajat yang sama walaupun ia memiliki perbedaan etnis, suku, ras dan agama. 3) Kelebihan buku ini adalah artikel yang ditulis dipaparkan secara mendalam dan referentif dan kekurangan buku ini adalah setiap artikel lebih banyak menggunakan pemikiran pribadi dan teori yang mendukung.
References
Abdullah, Moh.,dkk. 2019. Pendidikan Islam Mengupas Aspek-Aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Al-Qaththan, Manna. 2015. Pengantar Studi Ilmu Al-Quran. Jakarta: Pustaka AlKautsar.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
As-Sirjani, Raghib. 2011. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Asrori dan Rusman. 2020. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center.
Azra, Azyumardi. 2018. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Jakarta: Kencana.
Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi di Tengah Tantangan Dan Milenium III. Jakarta: Kencana.
Azra, Azyumardi. 2017. Surau: Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: Kencana.
Barton, Greg. 2020. Biografi Gus Dur. Yogyakarta: Diva Press.
Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia
Bruinessen, Martin Van. 2015. Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat. Yogyakarta: Gading.
Bruinessen, Martin Van. 1994. NU: Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa Dan Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LKiS.
Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.
Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.
Faojin, Mohammad. SKB 3 Menteri Tahun 1975: Eksistensi, Implikasi, Dan Efektivitas Pada Pendidikan Madrasah. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari.
Feillard, Andree. 1999. NU Vis a Vis Negara: Pencarian Isi, Bentuk Dan Makna. Yogyakarta: LKiS.
Gunawan, Bondan. 2018. Hari-Hari Terakhir Bersama Gus Dur. Jakarta: Kompas.
Hadi, M. Fazlurrahman. 2019. Politik Pendidikan Islam. Surabaya: Imtiyaz.
Hamka. 2017. Sejarah Umat Islam: Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara. Depok: Gema Insani.
Ihsan, Fuad. 2013. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Khalaf, Abdul Wahhab. 2015. Ijtihad Dalam Syariat Islam. Jakarta: Pustaka AlKautsar.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Thoriq Kemal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

