Relevansi Pemikiran Abdurrahman Wahid Dalam Buku Islam Kosmpolitan Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia

Authors

  • Thoriq Kemal Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami salah satu karya Abdurrahman Wahid yang berjudul Islam Kosmopolitan. Apakah memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia dalam buku tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Library Research, dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer yaitu Islam Kosmopolitan: Nilai-Nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa: 1) Dalam buku Islam Kosmopolitan karya Aburrahman Wahid memuat 15 artikel yang memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia. Corak pemikiran Abdurrahman Wahid dalam buku Islam Kosmopolitan yaitu humanisme, demokratis, pluralisme, keislaman, tradisonal, dan modernis. 2) Pemikiran Abdurrahman Wahid dalam buku Islam Kosmopolitan memiliki relevansi dengan pendidikan Islam di Indonesia seperti corak demokratis. Abdurrahman Wahid menekankan bahwa semua orang harus dipandang sama dan memiliki derajat yang sama walaupun ia memiliki perbedaan etnis, suku, ras dan agama. 3) Kelebihan buku ini adalah artikel yang ditulis dipaparkan secara mendalam dan referentif dan kekurangan buku ini adalah setiap artikel lebih banyak menggunakan pemikiran pribadi dan teori yang mendukung.

References

Abdullah, Moh.,dkk. 2019. Pendidikan Islam Mengupas Aspek-Aspek Dalam Dunia Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Al-Qaththan, Manna. 2015. Pengantar Studi Ilmu Al-Quran. Jakarta: Pustaka AlKautsar.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As-Sirjani, Raghib. 2011. Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Asrori dan Rusman. 2020. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center.

Azra, Azyumardi. 2018. Jaringan Ulama Timur Tengah Dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Jakarta: Kencana.

Azra, Azyumardi. 2012. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi di Tengah Tantangan Dan Milenium III. Jakarta: Kencana.

Azra, Azyumardi. 2017. Surau: Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi Dan Modernisasi. Jakarta: Kencana.

Barton, Greg. 2020. Biografi Gus Dur. Yogyakarta: Diva Press.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia

Bruinessen, Martin Van. 2015. Kitab Kuning, Pesantren Dan Tarekat. Yogyakarta: Gading.

Bruinessen, Martin Van. 1994. NU: Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa Dan Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: LKiS.

Creswell, John W. 2016. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Daud, Wan Mohd Nor Wan. 2003. Filsafat Dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.

Naquib Al-Attas. Bandung: Mizan.

Faojin, Mohammad. SKB 3 Menteri Tahun 1975: Eksistensi, Implikasi, Dan Efektivitas Pada Pendidikan Madrasah. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari.

Feillard, Andree. 1999. NU Vis a Vis Negara: Pencarian Isi, Bentuk Dan Makna. Yogyakarta: LKiS.

Gunawan, Bondan. 2018. Hari-Hari Terakhir Bersama Gus Dur. Jakarta: Kompas.

Hadi, M. Fazlurrahman. 2019. Politik Pendidikan Islam. Surabaya: Imtiyaz.

Hamka. 2017. Sejarah Umat Islam: Pra Kenabian Hingga Islam Di Nusantara. Depok: Gema Insani.

Ihsan, Fuad. 2013. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Khalaf, Abdul Wahhab. 2015. Ijtihad Dalam Syariat Islam. Jakarta: Pustaka AlKautsar.

Published

2023-10-23

Issue

Section

Articles