Pengaruh Penerapan Poin Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 20 Menongo Lamongan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini bagaimana pengaruh penerapan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran di MTs Muhammadiyah 20 Menongo Lamongan. Pada peneltian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan atau pengaruh antara dua variabel dengan menggunakan rumus statistik untuk memperoleh data mengenai poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa yang hasilnya diperoleh dari penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan poin pelanggaran terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran di MTs Muhammadiyah 20 Menongo Lamongan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ternyata hasil Chi Kuadrat hitung lebih kecil dari hasil Chi Kuadrat tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%. Dimana nilai Chi Kuadrat hitung adalah 1,608 sedangkan hasil Chi Kuadrat tabel, pada taraf signifikan 1% adalah 9,210 dan pada taraf signifikan 5% adalah 5,991. Dengan demikian bahwa hasil Chi Kuadrat hitung 1,608 lebih kecil dari hasil Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 1% adalah 9,210 maupun 5% adalah 5,991.
References
Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Bawono, Anton, 2006, Multivariate Analysis dengan SPSS, Salatiga: STAIN Salatiga Press.
Blegor, Jusuf. 2020, Soft Skills untuk Prestasi Belajar Disiplin, Percaya Diri, Konsep Diri Akademik, Penetapan Tujuan, tanggung Jawab, Komitmen Kontrol Diri. Surabaya: Scopindo Media pustaka.
Dakhi, Agustin Sukses. 2020, Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Elly, Rosma. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelasa V Di SD Negeri 10 Banda Aceh, Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4, Oktober 2016, hlm. 43-53
Ghazali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (edisi ke liam). Semarang: Universitas di Ponorogo.
Ghazali, Imam, 2011, Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Universitas Diponorogo.
Ghazali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program IBM SPSS 21, Semarang: Universitas Diponegoro.
Hadianti, Leli Siti. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 02; No. 01; 2008; 1-8.
Hartono, 2009, Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Haryono, Sugeng. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 November 2016, 261-274
Indrakusuma, Amier Daien. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Ipnuwati, Sri. Sistem pendukung keputusan Pemberian Sanksi Pelanggaran Kedisiplinan Siswa Pada SMK PGRI 1 Kedondong, Jurnal Informatika, Vol. 14, No. 2, Desember 2014.
Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Siswa Di Sekolah (penguatan pendidikan karakter siswa). Jawa Barat: CV Jejak.
Mappasiara. Pendidiakn Islam (pengertian, Ruang lingkup danEpistemologinya). Volume VII, Nomor 1, Januari-Juni 2018.
Mirdanda, Arsyi, 2018, Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.
Naim, Ngainun, 2010, Rekonstruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma yang Mencerahkan, Yogyakarta: Teras.
Rinaldy, Muhammad Amzulian dan Lusi Fajarita. Rancang Bangun Sistem Informasi Poin Pelanggaran dan Bimbingan Konselin15g pada SMA Az-Zamir. Jurnal Idealis Vol. 1 No.1. Maret 2018.
Safithry, Esty Aryani. 2018, Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH.
Setyawan, Dwi, Ely Setyo Astuti dan Ekojono. Sistem Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Pada SMA Negeri 1 Purwosari. Jurnal Informatika Polinema, Volume: 1, Edisi: 1, November 2014.
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, 2009, Menejemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.
Susanto, Erwin. Manajemen Sistem Poin dalam Membina Kedisiplianan Siswa. Volume 9, Nomor 3, Juli 2015.
Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo, 2010, Pengantar Pendidikan (edisi revisi), Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Husain, 1996, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, Agus, 2012, Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainuddin, 1991, Seluk-beluk Pendidikan Al-Ghazali, Jakarta: Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Astarika Zahrotul Wardah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ

