PERAN GURU AGAMA DALAM UPAYA MEMBINA KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Syarifatul Mutaqorribain SMP Negeri 9 Surabaya

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru agama dalam upaya membina karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui pembelajaran daring di SMP Negeri 39 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana peran guru agama dalam upaya membina karakter disiplin dan tanggung jawab melalui pembelajaran daring di SMPN 39 Surabaya. Metode penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah guru agama 3 dan siswa yang berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuisioner , serta studi dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan : (1) peran guru agama dalam upaya membina karakter disiplin peserta didik pada pembelajaran jarak jauh (daring) di SMP Negeri 39 Surabaya. (2) peran guru agama dalam upaya membina karakter tanggung jawab peserta didik pada pembelajaran jarak jauh (daring ) di SMP Negeri 39 Surabaya.

References

Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter (Mengembangkan Karakter Anak yang Islami), (Jakarta: Penerbit PT BumiAksara, 2016).

Thomas Lickona, Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa menjadi Pintar dan Baik), (Bandung: Penerbit Nusa Media, 2013).

Ubaidillah Achmad – Yuliyatun, Suluk Kiai Cebolek dalam Konflik Keberagamaan dan Kearifan Lokal, (Jakarta: Prenada, 2014).

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan), (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2012).

Herabudin, Pengantar Sosiologi, (Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2015).

Widayanti, Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik kelas X SMA N 1 Limbangan tahun 2011/2012, (Semarang, UIN Walisongo, 2012).

Julian Abiyoso Firdaus, Bimbingan dan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas XI Bahasa di MAN Bawu Jepara, (Semarang, UIN Walisongo, 2015).

Hery Nugroho, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Semarang, (Semarang, UIN Walisongo, 2012).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Cet, Ke-4, (Jakarta: Balai Pustaka, 2007).

Hamka Abdul Aziz, Karakter Guru Profesional, Al-Mawardi Prima, Jakarta, 2012.

R. Gilang K.Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19, Banyumas: Lutfi Gilang, 2020).

Lexy. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya, 2013).

Moh. Nazir, Metode Penelitian, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2009).

Rukaesih A. Maolani dan Ucu Cahyana, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis dalam Penelitian), (Yogyakarta: ANDI OFFSET, 2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2007).

Sanapiah Faisal, Format-format Penelitian. John W. Creswell, Research Design (Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan Mixed), trans. Achmad Fawaid, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014).

Abd. Hadi, Asrori & Rusman, Penelitian Kuualitatif Studi Fenomenologi Case Study Grounded Theory Etnografi Biografi (Banyumas: CV. Pena Persada, 2021).

Published

2025-02-21

Issue

Section

Articles