Pengaruh Metode Edutainment Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pelajaran Al-Islam Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 7 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2223Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pelaksanaanmetodeEdutainment di
SMP Muhammadiyah7 Surabaya. Hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Islam.
Pengaruh pelaksanaan Metode Edutainment terhadap hasil belajar siswaPenelitian
ini menggunakan metode edutainmentdengan desain penelitian kuantitatif one-
group pretes-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP
Muhammadiyah 7 Surabaya tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 30 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angkettes dengan soal. Penelitian ini
dilakukan pada bulan mei 2017 hingga juni 2017. Uji validitas angket pendapat
siswa menggunakan rumus korelasi Product Moment.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode
edutainment dalam meningkatkan hasil belajar pada materi shalat jamaah, shalat
munfarid, shalat jama’ dan qhashar dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan materi al-islam
kemudian guru menyiapkan permainan (game) dengan media kartu yang berisi
pertanyaan dan jawaban, setelah itu setiap siswa membacakan kartu yang didapat
berupa pertanyaan kemudian mencari pasangan atau jawabnnya, siswa yang sudah
menemukan jawaban yang cocok akan menempelkan di media yang telah
disediakan guru, guru memberi reward bagi siswa yang aktif dalam proses
pembelajaran. Penggunaan metode edutainmentmeningkatkan hasil belajar siswa
kelas VII SMP Muhammadiyah 7 surabaya, pada pelajaran Al-Islam materi shalat
jamaah, shalat munfarid, shalat jama’ dan qhashar dari hasil angket pendapatan
siswa melalui pretest sebanyak 78,16 dan posttest sebanyak 85,66.Adanya
pengaruh metode edutainment dalam meningkatkan hasil pembebelajaran siswa
pada pelajaran al-islam kelas vii di SMP Muhamamdiyah 7 Surabaya.
Berdasarkananalisis data statistic denganproduct moment hasilnya
0,73tergolongtinggi/kuat. dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran yang
menggunakan metode edutainment, itu artinya metode edutainment dapat member
pengaruh pada hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ