Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Desktop Pada Mata Pelajaran Al-Islam Materi Fiqih Kelas X Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2222Abstract
Abstrak
Dalam proses pembelajaran, kita tidak terlepas dari apa yang namanya
media pembelajaran, media pembelajaran memiliki pengaruh yang cukup besar
dalam proses pembelajaran, entah media berupa buku cetak, alat peraga, maupun
multimedia. Dalam hal ini peneliti mengangkat media pembelajaran berupa media
pembelajaran prezi desktop.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan desain pembelajaran
prezi desktop pada mata pelajaran Al-Islam materi fiqih untuk siswa kelas X di
SMA Muhammadiyah 7 Surabaya dan 2) mengetahui kelayakan media
pembelajaran prezi desktop pada mata pelajaran Al-islam materi fiqih kelas X
SMA Muhammadiyah 7 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(research and development), dengan menggunakan model penelitian dan
pengembangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan
langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan
angket/kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan
skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi
desktop pada mata pelajaran Al-Islam materi Fiqih kelas X SMA Muhammadiyah
7 Surabaya ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis,
pengembangan, dan uji coba kelayakan; 2) hasil penilaian ahli media medapatkan
prosentase rata-rata 78% dengan kategori sangat valid, kemudian hasil penilaian
dari ahli materi mendapatkan prosentase rata-rata 82% dengan kategori sangat
valid, serta uji coba pengguna atau siswa mendapatkan prosentase rata-rata 91%
dengan kategori sangat valid, dengan demikian pengembangan media
pembelajaran prezi desktop pada mata pelajaran Al-Islam materi fiqih kelas X
SMA Muhammadiyah 7 Surabaya dianggap layak untuk dijadikan media
pembelajaran.
Kata kunci:pengembangan, media pembelajaran, prezi desktop
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ