Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII-A Di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik

Authors

  • Nanda Eka Agustina Faculty Of Islamic Studies, Muhammadiyah Surabaya University
  • M. Arfan Mu’ammar

DOI:

https://doi.org/10.30651/td.v7i2.2221

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan
model pembelajaran numbered head together terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 7 Cerme Gresik pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam semester genap tahun ajaran 2016-2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh dimana semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas VII A yang berjumlah 28
siswa. Instrumen penelitian yang diberikan berupa angket yang terdiri dari 10
soal. Analisis data peneltian ini menggunakan uji statistik product moment untuk
mengetahui adanya pengaruh atau tidak.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat pengaruh yang cukup baik
antara model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap
prestsi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dapat dilihat dari
hasil perhitungan r hitung dengan r hitung > r tabel pada taraf sgnifikasi 5%
ataupun 1% yakni 0,388 < 0,664 > 0,496 dengan derajat kebebasan (db) = 26.
Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII A di SMP
Muhammadiyah 7 Cerme Gresik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Head
Together, Presatasi Belajar Siswa

Published

2018-11-26

Issue

Section

Editorials